Andhi Pramono Mengaku Cincin Batu Biru dari Kiyai, KPK Singgung Gratifikasi

KPK Periksa Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kepala Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan, Andhi Pramono mengklaim cincin dengan hiasan biru yang dipakainya  merupakan pemberian dari seorang kiyai. Cincin itu dipakai Andhi saat menjalani klarifikasi LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 14 Maret 2023. 

KPK Fires 66 Employees Who Accepted Bribes from Inmates

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyoroti pemberian cincin dengan hiasan batu berwarna biru itu. Kata Ali, pemberian barang apapun jika berkaitan dengan jabatan penyelenggara negara, itu masuk dalam kategori gratifikasi.

"Pemberian apapun, bila ada kaitan dengan conflict of interest dengan pejabat tersebut dapat masuk ke kategori gratifikasi," kata Ali saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 15 Maret 2023.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono telah rampung memberikan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun disebut-sebut kerap mengenakan batu cincin Blue Sapphire yang diduga memiliki nilai mahal.

Andhi membantah terkait beredarnya batu cincin yang digunakannya itu memiliki nilai mewah. Ia menegaskan, bahwa batu cincin yang kerap dikenakannya itu adalah pemberian dari gurunya.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

"Cincin dari kiai saya," ujar Andhi Pramono usai klarifikasi LHKPN di gedung merah putih KPK, Selasa 14 Maret 2023.

Andhi Pramono rampung beri klarifikasi pada Selada 14 Maret 2023 sekira pukul 16.10 WIB. Artinya, ia telah menjalani proses klarifikasi kurang lebih selama delapan jam lamanya, yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan bahwa batu cincin yang dipakainya itu bukan bermotif Blue Sapphire. "Bukan Blue Sapphire ya," beber dia.

Klarifikasi terhadap Andhi Pramono ini dilakukan usai gaya hidupnya dan sang anak, Atasya Yasmine disorot publik. Terpantau, Atasya Yasmine kerap memamerkan harta dan kekayaan seperti Mario Dandy, anak mantan pejabat Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Selain sang anak, Andhi juga terpantau terlihat pernah mengenakan barang branded dengan harga yang fantastis. Beredar di media sosial foto yang memperlihatkan Andhi sedang mengenakan barang mewah yang diduga adalah cincin Royal Blue Sapphire dan jam tangan Rolex. Foto-foto tersebut beredar luas di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya