Muhadjir Effendy: Serah Terima Jabatan Menpora Digelar Besok

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan keterangan di MTsN 19, Jakarta,
Sumber :
  • ANTARA/Luthfia Miranda Putri

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas atau Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Muhadjir ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Plt Menpora, usai Zainudin Amali mengundurkan diri dari posisi Menpora. 

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Menurut Muhadjir, serah terima jabatan (sertijab) dari Zainudin Amali ke dirinya selaku Plt Menpora akan dilaksanakan pada hari Kamis besok, 16 Maret 2023. Saat ini Muhadjir belum dapat berbicara banyak karena belum melakukan serah terima jabatan dengan Amali.

"Besok insyAllah sudah ada serah terima saya dengan pak Zainudin Amali, mungkin baru besok saya bisa memberi penjelasan ke temen-temen," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 15 Maret 2023.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Eks Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Muhadjir mengatakan, setelah melakukan serah terima jabatan, dia akan lamgsung melapor kepada Presiden Jokowi. Menurut Muhadjir, salah satu yang menjadi tugas prioritasnya nanti ialah soal persiapan Piala Dunia U20 di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

"Prioritas kalau yang paling dekat. Kalau yang dimaksud yang paling mendesak, ya, sepak bola untuk U20," ujar Muhadjir.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya telah menyetujui pengunduran diri Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Bali pada hari ini, Senin, 13 Maret 2023.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan Zainudin Amali secara langsung pagi ini. Jokowi menyebut bahwa Dia sudah menyetujui pengunduran diri Zainudin dari jabatan Menpora.

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di setneg dan saya tadi sudah menyetujui," kata Presiden Jokowi kepada awak media, Senin, 13 Maret 2023.

Ketika disinggung siapa yang akan menjadi Menpora untuk menggantikan Amali, Jokowi belum mengungkapkannya. Dia meminta masyarakat untuk sabar menunggu karena nanti pasti akan segera diumumkan siapa penggantinya.

Presiden Jokowi usai saksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Untuk saat ini, tugas Menpora diisi oleh Pelaksana tugas atau Plt. Yang ditunjuk oleh Jokowi sebagai Plt Menpora adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

"Penggantinya ditunggu saja. nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di plt-kan, plt-nya Pak Menko PMK," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya