KAI Terus Lakukan Perbaikan Jalur KA Bogor-Sukabumi yang Terdampak Longsor

KA Pangrango.
Sumber :
  • Muhammad AR/VIVA.co.id

VIVA Nasional – Jalur double track rel Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi longsor hingga menimpa permukiman warga di Kampung Baru, Kelurahan Bondongan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu, 15 Maret 2023 dini hari.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, KAI akan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor tersebut. Ia menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan demi keselamatan bersama.

"Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis terus dilakukan tim prasarana PT. KAI Daop 1 bersama Ditjendka Kemenhub hingga malam ini," ujar Eva dalam keterangannya, Rabu, 15 Maret 2023.

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

"Salah satu upaya di antaranya dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, agar memungkinkan dapat dilewati KA (satu jalur) dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan," ujarnya melanjutkan.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Nantinya, kata Eva, sebelum kereta api Pangrango mulai beroperasi normal pihak Daop 1 akan melakukan beberapa kali percobaan rel yang tidak terdampak itu.

"Sebelum dioperasikan proses uji coba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan," katanya.

Penumpang KA Pangrango Bogor-Sukabumi.

Photo :
  • Muhammad Aprian Romadhoni/VIVAnews.

Kemudian, Eva menjelaskan, bagi rel yang terdampak longsor tersebut pun masih akan terus dilakukan perbaikan. Perbaikan tersebut dilakukan secara sungguh-sungguh agar tidak ada musibah serupa.

"Sementara untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai dinyatakan aman untuk operasional KA," ujar Eva.

Akibat peristiwa longsor tersebut, ratusan penumpang keberangkatan KA Pangrango telah melakukan pembatalan perjalanan. "Berdasarkan data pada Rabu, 15 Maret 2023 terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya