Mudik Gratis Jateng 2023 Dibuka, Kuota Kursi Habis Dalam Hitungan Jam

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran mudik gratis bagi warga Jateng pada masa mudik Lebaran 2023. Ada 485 kursi yang tersedia bagi perantau di Jabodetabek yang akan pulang kampung ke Jawa Tengah.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Tapi kuota tersebut langsung habis dalam 5 jam saja setelah dibuka pada Rabu, 15 Maret 2023. Antusiasme warga samgat tinggi sehingga mereka menyerbu pendaftaran secara hampir bersamaan, bahkan sempat menyebabkan sistem pendaftaran terkendala teknis.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, antusias warga Jawa Tengah yang ingin mengakses program tersebut tinggi. Akibatnya, situs pendaftaran sempat mengalami kendala teknis, namun bisa diperbaiki dengan cepat.

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

“Pendaftaran untuk mudik gratis, lima jam langsung habis kemarin. Mudah-mudahan sih nanti bisa dilayani dan lebih banyak lagi masyarakat Jawa Tengah di luar Jawa Tengah bisa dibantu nanti mudik gratisnya,” kata Ganjar di kantornya, Kamis (16/3/2023).

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Ia mengimbau kepada kota-kota yang akan dilewati program Mudik Gratis tersebut agar menyiapkan dengan baik, mulai petugas, tempat hingga jalur alternatifnya.

“Agar mudiknya bisa lebih baik. Tentu modanya kan banyak ya, udaranya ada, lautnya ada, kereta apinya ada, nanti kita akan komunikasi dengan kementerian yang di pusat,” katanya.

Rencananya, program Mudik Gratis Jateng 2023 ini menyediakan 485 kuota dengan moda transportasi bus. Rencananya, para pemudik gratis akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada 17 April 2023.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya