Kunker Hari Kedua di Kalsel, Jokowi Hadiri Acara Istigasah Rabithah Melayu-Banjar

Jokowi hadiri Istigasah Rabithah Melayu-Banjar di Kalsel
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada hari ini Jumat, 17 Maret 2023 dengan berkunjung ke Kabupaten Tabalong. Saat tiba di Tabong, Jokowi langsung menuju Komplek Pendopo Bersinar Tabalong, untuk menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar. 

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo terlihat memakai baju koko putih celana hitam dan juga memakai peci hitam dan duduk bersama pejabat-pejabat yang lainnya.

Saat sambutan, Jokowi menyampaikan ucapan syukurnya dapat menghadiri acara tersebut. "Alhamdulillah pada pertemuan pagi hari ini kita semuanya dapat hadir Saling bersilaturahmi, dan saya senang pagi hari ini bisa bertemu dengan keluarga besar Melayu-Banjar dalam doa bersama dan Istigasah bersama Rabithah Melayu-Banjar," kata Jokowi, Jumat 17 maret 2023.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Jokowi juga menyebut bahwa tanah Banjar dikenal dengan tanah yang religius. Tanah yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan nilai-nilai adat tradisi ketimuran.
 
"Hari ini saya melihat betapa sangat antusiasnya masyarakat di kabupaten Tabalong, tadi habis subuh saya langsung berangkat, karena saya diberitahu, Pak masyarakat sudah banyak sekali, berjubel. Ternyata betul, ada gerimis juga tadi. Itu anugerah," kata Jokowi

Dia juga mengapresiasi sampai dengan saat ini Masyarakat Melayu-Banjar masih memegang tradisi budaya bangsa. "Saya juga mengapresiasi semangat Rabithah Melayu-Banjar yang ikut menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur adat dan budaya Melayu-Banjar, dan juga mengembangkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin," ujar Jokowi.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Jokowi mengatakan, masyarakat Indonesia harus bangga karena Indonesia adalah bangsa yang besar. Saat ini, menurut Presiden, jumlah penduduk di Indonesia sudah mencapai 280 juta.

"280 juta yang hidup di 17.000 pulau yang kita miliki, dan kita ini bermacam-macam, beraneka ragam suku, adat, tradisi, agama," kata Jokowi

Selain memiliki keanekaragaman budaya, Indonesia juga memiliki bentang wilayah yang luas.

"Saya pernah terbang dari Aceh sampai ke Papua, saya coba ini Indonesia ini sejauh mana sih. Aceh ke Papua, berapa lama dibutuhkan? lewat terbang dengan pesawat 9 jam 15 menit," kata Jokowi

Catatan waktu itu, menurut Jokowi, menunjukkan luasnya wilayah Indonesia. "Itu kalau terbang dari London, itu sampai di Istanbul itu melewati 7 negara. Artinya betapa sangat besarnya negara ini. kita harus menyadari itu. Agar kita semuanya bangga terhadap negara kita Indonesia," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya