Puluhan Warga Lombok Diduga Keracunan Nasi Bungkus dari Hajatan

Warga di Lombok Tengah keracunan nasi bungkus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA Nasional – Puluhan warga Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah diduga mengalami keracunan nasi bungkus. Mereka mengkonsumsi nasi bungkus saat mengikuti syukuran di rumah seorang warga pada Kamis, 16 Maret 2023 kemarin. 

Resep Soto Ayam Kuah Kuning, Hidangan Hangat dan Lezat untuk Buka Puasa

Kapolsek Praya Barat Daya IPTU Samsul Bahri mengatakan, warga mengikuti syukuran di rumah seorang warga berinisial W pukul 18.30 Wita. Pemilik hajatan kemudian membeli 50 nasi bungkus di warung warga seorang warga berinisial M. 

"Setelah acara syukuran selesai nasi bungkus yang sudah dibeli tersebut yang berjumlah sebanyak 50 bungkus dibagikan kepada tamu," katanya, Jumat, 17 Maret 2023.

6 Pilihan Menu Sahur yang Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

Korban keracunan massal karena makanan. (Ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR

Sekitar 30 menit setelah mengkonsumsi nasi, warga mulai mengalami keluhan mual, muntah, nyeri perut dan lemas. Mereka kemudian dibawa ke puskesmas. 

Siapa Sahabat Nabi yang Pingsan Saat Pertama Kali Puasa Ramadhan? Ini Kisahnya

"Ada yang dibawa Ke Puskesmas Darek sebanyak tiga orang, Puskesmas Penujak sebanyak tujuh orang dan Puskesmas Batujai sebanyak 21 orang," ujarnya. 

Kapolsek menjelaskan korban keracunan didominasi anak-anak dan lanjut usia. "Rata rata korban mengalami mual, muntah, nyeri perut, dan lemas dan korban keracunan didominasi anak kecil, balita dan orang tua yang sudah lanjut usia," ujarnya. 

Saat ini polisi masih memeriksa para saksi dan membawa nasi bungkus yang dikonsumsi warga untuk diperiksa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya