Resmikan Papua Youth Creative Hub, Jokowi: Saya Kaget Semua Ada di Sini

Presiden Jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH)
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Papua Youth Creative Hub, di Jayapura pada hari ini Selasa 21 Maret 2023. Dalam kesempatan tersebut Jokowi merasa sangat bangga karena ruang untuk pemberdayaan peningkatan kualitas SDM yang dinamakan Papua Yiuth Creative Hub di Papua dapat terwujud.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

"Pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga karena permintaan saat itu, 23 anak-anak muda Papua yang saya undang ke istana untuk memiliki sebuah ruang untuk pemberdayaan peningkatan kualitas SDM hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura," kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa 21 Maret 2023.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH)

Photo :
  • Istimewa
Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Jokowi mengatakan, pembangunan PYCH ini merupakan yang pertama di Indonesia. Kepala Negara berharap agar program serupa juga dihadirkan di beberap daerah lainnya seperti di NTT, Papua Barat, Maluku, dan Aceh sehingga anak muda dapat menggali berbagai potensi yang dimiliki. 

"Saya sangat kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini, dari mulai tadi masuk di apa pembuatan handphone, pembuatan laptop, kemudian ada podcast, ada studio apa musik, ada studio untuk fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di tanah Papua dengan kemasan dan packaging yang dengan branding yang sangat bagus sekali," ujar Jokowi

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Jokowi meyakini, generasi muda di Papua dan juga wilayah lainnya akan lebih maju jika diberikan wadah untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya.

"Kalau ini diteruskan jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda di Papua. Designer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberikan warna, sehingga di situ betul-betul diferensiasinya Kelihatan sekali. Saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini,"ujar Jokowi

Jokowi mengatakan, dengan pembangunan PYCH ini Pemerintah ingin memberikan kesempatan anak-anak muda Indonesia yang memiliki kreativitas, inovasi, dan keinginan besar dapat bergerak di mengembangkan cita-citanya.

"Karena saya melihat peluang, opportunity, kesempatan di tanah Papua masih sangat besar sekali untuk bisa anak-anak muda masuk. Dan ini kita harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," kata Jokowi

"Dengan mengucap dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini saya resmikan Papua Youth Creative Hub dan saya luncurkan produk-produk kreasi dan inovasi Papua Youth Creative Hub di Jayapura Provinsi Papua," ujar Jokowi.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH)

Photo :
  • Istimewa

Seperti diketahui, Pembangunan PYCH ini merupakan perwujudan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Tokoh Muda Papua Inspiratif pada September 2019 lalu di Istana Negara. Dari pertemuan itu pemerintah pusat menegaskan komitmen mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua. 

PYCH dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2. Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan konsultan PT Yodya Karya (Persero) KSO PT. Mandiri Cakti Consultindo.

Nilai kontrak bagi pembangunan PYCH sebesar Rp95,05 miliar bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan sejak September 2021 hingga Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya