Barang Bukti Senilai Rp1,5 Miliar Dimusnahkan Kejari Sumbawa

Kejari Sumbawa Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Obat Obatan Senilai Rp1,5 Miliar
Sumber :
  • irwan (Sumbawa-NTB)

VIVA Nasional – Kejaksaan Negeri Sumbawa, Kejati NTB, melakukan pemusnahan barlang bukti hasil rampasan negara dari sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Kabupaten Sumbawa, berupa sabu, ganja, obat tramadol, jamu dan barang lainnya dengan nilai mencapai Rp 1,5 Miliar, Senin 20 Maret 2023.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Pemusnahan barang bukti sabu dan ganja kering dengan berat total sebanyak 2.524,14 Gram, obat tramadol, jamu dan obat-obatan lain sebanyak 1.440 kapsul/tablet.

Kajari Sumbawa, Adung Sutranggono dalam keterangan Persnya kepada para wartawan, menjelaskan pemusnahan sejumlah barang bukti rampasan negara ini dilakukan atas kasus tindak pidana umum yang telah memiliki putusan berkekuatan hukum tetap (Inkrach) dari Pengadilan.

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Ilustrasi barang bukti narkoba.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

"Pelaksanaan pemusnahan barang bukti merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 46 KUHP serta pelaksanaan fungsi, tugas dan kewenangan Kejaksaan yang tertera dalam Pasal 30 ayat (1) UURI Nomor 16 Tahun 2004 yang telah diperbaharui dengan UURI Nomor 11 Tahun 2021," katanya. 

Kontraktor Proyek Inpres di NTT Tinggalkan Utang Miliaran Rupiah Kabur ke NTB

Pemusnahan barang bukti ini merupakan periode bulan Desember 2022 sampai dengan bulan Maret 2023 terdiri dari perkara orang dan harta benda sebanyak 11 perkara, perkara ketertiban umum dan tindak pidana umum lainnya sebanyak 2 perkara, perkara narkotika 17 perkara dan perkara anak sebanyak 4 perkara.

"Karena itu diimbau kepada segenap elemen masyarakat di daerah ini agar mari bersama-sama melakukan pencegahan dan pemberantasan terhadap peredaran dan penggunaan dari barang haram narkotika itu sendiri," papar Kajari Adung Sutranggono.

Hadir dalam pemusnahan barang bukti ini, Kepala BNNK Sumbawa AKBP Hurry Nugroho SH, Wakapolres Sumbawa Kompol Rafles G dan Pejabat Dikes Sumbawa bersama Kasi Pidum jaksa Hendra S.S SH dan Kasi P3BR jaksa Rika Ekayanti SH MH. (Irwan/tvOne/Sumbawa-NTB)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya