Siap-siap Salat Tarawih! Tim Rukyat Kemenag: Ketinggian Hilal Sudah Memenuhi Kriteria

Pemantauan Hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan bahwa hampir sebagian dunia akan menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 144 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023. Hal itu lantaran ketinggian hilal sudah memenuhi kriteria.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

"Dari segi ketinggian sudah menenuhi kriteria kemudian dari segi elongasi kita lihat mulai 7 sampai 19. Nampaknya dari segi ketinggian dan elongasi nampaknya hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadannya," ujar Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Asadurrahman dalam seminar posisi hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah di kantor Kemenag RI, Rabu, 22 Maret 2023.

Kemudian, Asadurrahman pun mengatakan bahwa salat tarawih hampir di seluruh dunia juga bakal digelar pada malam ini.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

"Salat Tarawihnya malam ini dan akan ibadah puasa mulai fajar besok," ucapnya.

Pemantauan Hilal

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sebagai informasi, seminar posisi hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah baru saja digelar di kantor Kemenag RI, Jakarta Pusat. Nantinya, Sidang Isbat awal Ramadhan 1444 H dijadwalkan dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Sidang tersebut digelar di Auditorium H.M. Rasjidi.

Sidang Isbat juga dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Anggota Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Informasi Geospasial (BIG), serta perwakilan organisasi Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya