PP DMI Diharapkan Profesional dan Konsekuen dengan Hasil Rakernas 2021

Ketua PW DMI Sumbar Prof. Duski Samad
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat, Prof. Duski Samad meminta PP DMI bersikap arif dan bijaksana dengan menjalankan perintah AD/ART untuk menyelenggarakan Muktamar DMI ke - VIII pada Juli 2023.

Ahmad Basarah: PDIP Siap Jadi Koalisi ataupun Oposisi

"Dalam Rapimnas DMI, sikap dari sebagian pengurus wilayah DMI sesungguhnya sudah jelas yakni meminta agar Muktamar DMI dilakukan pada bulan Juli Tahun 2023 ini," ungkapnya.

Duski mengatakan, Rapimnas DMI yang berlangsung pada awal Maret 2023, secara prinsipnya pimpinan wilayah sudah menyampaikan agar PP DMI mematuhi kehendak Rakernas 2021, untuk segera menyelenggarakan Muktamar VIII pada Juli tahun ini.

PDIP Gelar Rakernas Bulan Mei, Berani jadi Oposisi atau Merapat ke Prabowo?

Namun, ternyata hasil Rapimnas tidak sesuai harapan karena rekomendasi dari PW tersebut tidak dipertimbangkan sama sekai.

Bertemu Jokowi di Istana, Pengurus KAMMI Sampaikan Keluhan Rakyat soal PPN Naik 12 Persen

"Lalu, dalam keputusan itu (Muktamar) ada keraguan dan perlu penjelasan gradual kapan itu, belum dijelaskan pada kita. Tentu putusan tersebut ada yang kecewa, ada yang tidak kecewa. Itu kan sebuah dinamika dalam organisasi maka yang kita harapkan kearifan dan bagaimana Pimpinan Pusat menyikapinya dengan baik," ujarnya.

Duski menegaskan PW DMI Sumatera Barat tegas sejak awal mendorong agar muktamar dilakukan pada Juli tahun 2023 ini dalam kerangka menegakkan marwah organisasi dan masjid.

"Adapun siapa yang menjadi ketua umum bagaimana prosesnya itu sebenarnya bentuk kewenangan dari Muktamar yang nanti akan diselenggarakan oleh PP DMI, itu secara prinsip," tegasnya.

Dia mengatakan DMI sebagai organisasi harus bicara sesuai regulasi dan patuh pada aturan-aturan organisasi sebagai panduan yang harus ditaati oleh semua pimpinan baik di tingkat pusat maupun tingkat wilayah. 

"Mudah-mudahan saja ini menjadi perhatian oleh pimpinan pusat bahwa dalam AD/ART kemudian Rakernas 2021 itu yang menjadi pedoman nomor satu. Rapimnas itu levelnya di bawah Rakernas itu prinsipnya," tegasnya lagi.

Kini PW DMI Sumbar ikut mendorong secara terus-menerus mengomunikasikan rekomendasi itu kepada pimpinan pusat DMI.

"Saya yakin (Muktamar dilaksanakan tahun ini) karena ini pimpinan tentu membaca dan memahami suara dari berapa wilayah yang hadir pada waktu itu, walaupun sudah terdapat putusan pada Rapimnas. Bagaimana prosesnya tentu orang PP yang paling tahu. Saya sebagai bagian tak terpisahkan dari organisasi untuk mendorong agar muktamar diselenggarakan sesuai menurut AD/ART dan hasil Rakernas 2021," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya