Pastikan Kesehatan Para Santri Selama Ramadhan, Pesantren Sehat Akan Keliling Bogor

Ilustrasi santri
Sumber :
  • VIVA / Dani (Bekasi)

VIVA Nasional – Guna memastikan para santri tetap sehat selama menjalani bulan Ramadan 1444 Hijriah, tim kesehatan (Timkes) yang dibentuk oleh Rayendra Peduli akan mendatangi pesantren-pesantren di Kota Bogor. Timkes yang tergabung dalam program Pesantren Sehat itu nantinya akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap para santri. 

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Termasuk, melayani konsultasi gratis bagi pengelola pesantren di Kota Bogor. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya melakukan diskusi dengan para ulama yang berada di Kota Bogor.

"Saya banyak diskusi dengan para kiai, ulama dan habaib di Kota Bogor ini. Salah satu yang menjadi permasalahan di pesantren adalah persoalan kesehatan santri. Salah satunya, adalah masalah penyakit kulit pada santri," kata Pendiri Rayendra Peduli, Raendi Rayendra dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret 2023.

Lakukan Pola Hidup Sehat Ini Selama Puasa Ramadhan

Pemeriksaan kesehatan terhadap santri di pesantren (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Dokter kenamaan ahli kulit dan kelamin di Kota Bogor itu mengatakan Timkes yang diturunkan nantinya juga akan mengedukasi para santri tentang hidup sehat.

10 Negara dengan Keseimbangan Hidup-Kerja Terbaik di Dunia

"Saya juga akan turun langsung selain melakukan edukasi, juga akan melakukan pemeriksaan serta konsultasi kesehatan," ujarnya.

Santri Pondok Pesantren Gontor jalani rapid test COVID-19. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, penerjunan timkes ke pesantren-pesantren ini menjadi program berbagi di bulan Ramadan. 

"Semua pemeriksaan dan konsultasi kesehatan pada program ini gratis. Kami berharap ini menjadi ladang pahala bagi saya dan tim kesehatan yang turun melakukan pelayanan. Sekaligus menjadi sumbangsih kami untuk pesantren yang ada di Kota Bogor," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya