KAI Catat Tiket Kereta untuk Lebaran 2023 Telah Terjual 37 Persen

Kereta api di wilayah Daop IV Semarang/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/ Dwi Royanto.

VIVA Nasional – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, tiket kereta api jarak jauh pada masa lebaran 2023, hingga Kamis, 23 Maret 2023 telah terjual 1.006.393 tiket untuk keberangkatan 12 April 2023 sampai dengan 3 Mei 2023. Jumlah itu sebesar 37 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan.

Viral Isi Pesan Terakhir Pria yang Tertabrak Kereta di Grogol, Sempat Ucap Pamit ke Sang Kekasih

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

"Relasi favorit pelanggan sejauh ini didominasi untuk kereta api dari arah barat (Jakarta/Bandung) menuju arah timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) pada periode sebelum Lebaran. Serta perjalanan kereta api dari timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah barat (Jakarta/Bandung) untuk periode setelah Lebaran," ujar Joni dalam keterangan, Kamis, 23 Maret 2023.

Gelar Fan Meeting Perdana di Jakarta, Ahn Bo Hyun Ngaku Deg-degan

Ilustrasi Kereta api melintas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Adapun tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya 20 April 2023. Di mana tiket terjual 63 persen, tanggal 21 April 2023 sebanyak 61 persen, dan tanggal 26 April 2023 sebanyak 55 persen.

Detik-detik Pria Tewas Tertabrak Kereta Gegara Jogging di Rel Sambil Pakai Headset

“KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” ujarnya.

Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh, KAI menyediakan layanan vaksin booster gratis di stasiun-stasiun serta fasilitas Klinik Mediska, yaitu fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun, untuk umum dengan prioritas penumpang kereta api.

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI

Joni menuturkan, KAI dalam hal ini masih menerapkan persyaratan naik kereta api sesuai SE Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Dalam menyediakan tiket kereta api, khususnya saat peak season seperti di masa angkutan lebaran ini, KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api pada masa angkutan lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan sistem penjualan tiket KAI. Jikapun masyarakat menemukan indikasi percaloan tiket kereta api, kami mohon untuk segera melaporkan ke Contact Center KAI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya