PBNU Tak Masalah Timnas Israel Main di RI: Belum Tentu Palestina Rugi

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di Harlah 1 Abad NU
Sumber :
  • NU Channel

VIVA Nasional – Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya ikut buka suara soal Tim Nasional Sepakbola Israel yang akan ikut bermain dalam laga Piala Dunia U-20 di Indonesia. Menurut dia, Timnas Israel tidak masalah ikut bertanding di laga tersebut.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

“Kalau menurut saya sih enggak masalah. Belum tentu Palestina rugi kok. Sekarang kalau Israel datang ke sini, apakah Palestina rugi? Yang penting perkuat posisi Indonesia di dalam platform internasional dan multilateral,” kata Gus Yahya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023.

bendera Palestina

Photo :
  • Brahim Guedich/Wikimedia
Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Ia menyebut langkah membela Palestina bukan cuma teriak lalu tidur, tapi harus dipikirkan bagaimana solusinya. Apalagi, kata dia, unjuk rasa melakukan penolakan bagi Timnas Israel ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia juga tidak ada gunanya.

“Kalau menurut saya sekarang rame-rame FIFA soal penolakan Israel dan lain-lain. Sebetulnya, saya berharap bahwa semua orang itu ketika mereka berpikir tentang Palestina ingin membela Palestina mereka bukan teriak, lalu tidur. Apa yang harus dilakukan selanjutnya itu apa? Ke mana arah dari solusi ini, ini harus dipikirkan,” jelas dia.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Menurut dia, salah satu cara untuk membela Palestina yaitu memperkuat internasionalisme dan multilateralisme. Sebab, Gus Yahya menyebut hal ini merupakan mandat dari proklamasi para pendiri bangsa Indonesia.

“Kita tidak hanya harus berpikir tentang Indonesia, kemudian setelah berpikir secara parsial dari kepentingan kelompok-kelompok tertentu atau negara-negara tertentu saja di dunia ini, tetapi berangkat dari kepentingan semuanya. Kita harus memposisikan Indonesia ini memposisikan diri sebagai bagian dari platform internasional dan multilateral yang ada yang merupakan wujud daripada kepentingan bersama,” ungkapnya.

Timnas Israel rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Franc Zhurda

Jadi, Gus Yahya menilai penolakan Timnas Israel ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia tidak ada gunanya untuk Palestina. Sebab, kata dia, belum tentu Palestina juga merasa rugi jika Timnas Israel datang ke Indonesia ikut Piala Dunia U-20.

“Kalau soal FIFA ini ya kalau demo menolak Israel jangan datang, itu apa gunanya buat Palestina? Enggak ada gunanya juga. Tapi kalau kita kembangkan posisioning Indonesia melalui FIFA, ini sehingga kita betul-betul punya posisi moral yang meningkat untuk terus mengartikulasikan arah dari solusi masalah palestina itu saya kira lebih penting daripada sekedar protes,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya