Serahkan Nama Calon Menpora ke Jokowi, Airlangga: Muda, Ada Laki-laki dan Perempuan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Sejumlah nama telah diserahkan oleh Partai Golkar ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang ditinggalkan oleh Zainudin Amali. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

"Sudah ada di kantongya beliau (Presiden Jokowi)," kata Airlangga di lingkungan istana kepresidenan Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di depan kader Golkar Jawa Tengah.

Photo :
  • Istimewa
Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Pada 20 Maret 2023 lalu, Presiden Jokowi menyebut ingin agar sosok muda menjadi Menpora untuk menggantikan Zainudin Amali. Airlangga mengatakan dari nama yang diserahkannya itu ada sosok muda dan ada juga perempuan.

"Yang muda, perempuan, nama sudah diserahkan," ungkap Airlangga.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Namun Airlangga tidak menyebut secara detail nama-nama yang ia serahkan kepada Presiden Jokowi. "Ada laki-laki, ada perempuan," tambah Airlangga singkat.

Ia pun menyerahkan kepada Presiden Jokowi sepenuhnya untuk memilih dari nama-nama yang telah diserahkan tersebut. "Terserah Bapak Presiden," kata Airlangga.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya telah menyetujui pengunduran diri Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Bali pada hari ini, Senin, 13 Maret 2023.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan Zainudin Amali secara langsung dan sudah menyetujui pengunduran diri Zainudin dari jabatan Menpora.

Ketika disinggung siapa yang akan menjadi Menpora untuk menggantikan Amali, Jokowi belum mengungkapkannya. Dia meminta masyarakat untuk sabar menunggu karena nanti pasti akan segera diumumkan siapa penggantinya.

Plt Menpora, Muhadjir Effendy

Photo :
  • PSSI

Untuk saat ini, kursi Menpora diisi oleh Pelaksana tugas atau Plt. Yang ditunjuk oleh Jokowi sebagai Plt Menpora adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

"Penggantinya ditunggu saja. nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di plt-kan, plt-nya Pak Menko PMK," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya