Mahfud MD: Jangan Main-main dengan Jadwal Pemilu, Kalau Ditunda Negara Bisa Chaos

Menko Polhukam Mahfud MD di Sekolah PDIP Lenteng Agung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan apabila pelaksanaan Pemilu Presiden ditunda tidak jadi sesuai jadwal pada 2024, maka situasi keamanan akan menjadi tidak kondusif.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Oleh sebab itu, ia menekankan Pemilu 2024 supaya tetap digelar sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Saya katakan, jangan main-main dengan jadwal pemilu, jangan main-main, itu mengundang chaos. Kalau saudara ingin memaksakan pemilu itu ditunda, negara ini menjadi chaos,” kata Mahfud di Kuningan, Jakarta Selatan pada Sabtu, 26 Maret 2023.

PKB Bantah Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Bahas Kursi Menteri

Menurut dia, apabila ada yang beranggapan kekosongan Presiden RI dijabat sementara oleh triumvirat yaitu Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Luar Negeri (Menlu), dan Menteri Pertahanan (Menhan) itu jelas tidak bisa.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md

Photo :
  • VIVA/Ilham Rahmat
PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

“Ada yang bilang, pak itu kan bisa kalau presiden habis masa jabatannya, kan ada triumvirat Mendagri, Menlu, Menteri Pertahanan yang jadi presiden bersama sampai tunggu presiden terpilih. Ndak bisa. Mendagri, Menlu, Menteri Pertahanan itu habis masa jabatannya bersama presiden yang mengangkat,” jelas dia.

Maka dari itu, Mahfud mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama mengawal agenda tahun 2024 yaitu pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.

“Salah satu tugas jangka pendek kita dalam masalah kebangsaan, menjaga agar pemilu tahun 2024 berjalan dengan sesuai yang dijadwalkan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya