Korupsi Tunjangan Kinerja ASN, KPK Juga Geledah Kantor Pusat Kementerian ESDM

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga geledah kantor pusat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang berlokasi di Jalan Merdeka, Jakarta Pusat. Semula KPK lakukan penggeledahan di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Tadi kan di Ditjen Minerba ESDM, sekarang informasi terakhir ke kantor ESDM-nya di (jalan) merdeka," ujar Ali Fikri di KPK, Senin 27 Maret 2023.

Semula KPK melakukan penggeledahan di kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Kendati demikian, Ali masih belum merinci apa saja yang ditemukan saat melakukan penggeledahan dugaan pemotongan tunjangan kinerja di Kementerian ESDM.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Ali Fikri mengatakan bahwa adapun dugaan pemotongan tunjangan kinerja itupun berkisar kerugian puluhan miliar rupiah. "Ini terkait tadi pemotongan tunjangan tukin sejauh ini berkisaran sekitar puluhan miliar ya," kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jakarta Selatan pada Senin 27 Maret 2023.

Selanjutnya, Ali menyebutkan bahwa dugaan pemotongan tunjangan kinerja itu dilakukan oleh oknum di Kementerian ESDM terhadap pegawai Kementerian ESDM periode 2020-2022. "Uang yang diduga hasil pemotongan tukin dari para pegawai di Kementerian ESDM 2020-2022," kata Ali.

KPK Tetapkan Eko Darmanto Jadi Tersangka TPPU

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Ali juga menegaskan bahwa uang pemotongan tunjangan kinerja (tukin) tersebut diduga digunakan untuk keperluan pribadi. "Uangnya kemduian diduga dinikmati oleh para oknum ini yang kemudian penggunaannya juga diduga untuk baik itu ada keperluan pribadi masing-masing," ucap Ali.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin 27 Maret 2023.

"Informasi yang kami peroleh, betul ada kegiatan penggeledahan oleh tim KPK di kantor kementrian ESDM," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi wartawan pada Senin 27 Maret 2023.

Ali pun menjelaskan bahwa penggeledahan masih berlangsung di kantor Kementerian ESDM hingga saat ini.

Ia juga mengatakan bahwa penggeledahan tersebut merupakan upaya penyidikan dalam dugaan korupsi di Kementerian ESDM. "Terkait kegiatan penyidikan baru oleh KPK atas dugaan korupsi di kementrian ESDM," kata Ali.

Ali pun belum merinci lebih jauh terkait dengan penggeledahan yang dilakukan oleh KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya