Jokowi Perintahkan Anggaran Bukber Pejabat Dipakai Untuk Santunan dan Pasar Murah

Presiden Jokowi memberikan keterangan terkait Undang Undang Cipta Kerja
Presiden Jokowi memberikan keterangan terkait Undang Undang Cipta Kerja
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan klarifikasi mengenai arahan kepada para Pejabat Pemerintah untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama. Menurut Jokowi, arahan yang dikeluarkannya itu bersifat internal dan hanya ditujukan untuk para pejabat seperti para Menteri Koordinator, para Menteri, dan Kepala Lembaga Non Pemerintah.

Presiden memerintahkan bagi Kementerian ataupun Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sudah menyiapkan anggaran berbuka puasa bersama, agar dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Kepala negara menyarankan anggaran yang ada digunakan untuk memberikan santunan kepada fakir miskin dan juga anak yatim-piatu.

"Anggaran yang biasanya dipakai untuk buka puasa bersama, kita alihkan, kita isi untuk kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat. Kita bantu mereka yang lebih membutuhkan, pemberian santunan untuk fakir miskin, pemberian santunan untuk yatim-piatu, serta masyarakat yang benar-benar membutuhkan," kata Jokowi, dalam keterangannya, Senin 27 Maret 2023.

Presiden Jokowi berbuka bersama anak yatim

Presiden Jokowi berbuka bersama anak yatim

Photo :
  • VIVA/Nila Chrisna

Bahkan, anggaran yang ada di tiap Kementerian/Lembaga yang sedianya disiapkan untuk buka puasa bersama, bisa dialihkan untuk kegiatan pasar murah untuk masyarakat sehingga lebih bermanfaat. "Termasuk juga bisa dipakai untuk mengadakan pasar murah bagi masyarakat," ujarnya

Jokowi juga mengungkapkan alasan dikeluarkannya arahan larangan buka puasa untuk pejabat pemerintah ini. Menurutnya, belakangan ini gaya hidup Pejabat Pemerintah tengah banyak mendapatkan sorotan dari masyarakat. 

Sehingga Dia meminta agar para Pejabat Pemerintah bersikap sederhana dan tidak pamer kemewahan. Jokowi ingin puasa tahun ini diisi dengan kesederhanaan.

Halaman Selanjutnya
img_title