Jokowi Imbau Pejabat Negara, ASN dan Kepala Daerah Bayar Zakat Lewat Baznas

Presiden Jokowi serahkan zakat melalui Baznas di Istana Negara
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengimbau kepada para pejabat negara, aparatur sipil megara atau ASN, pegawai BUMN, hingga Kepala Daerah untuk membayar zakat melalui Baznas.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

"Dalam kesempatan yang sangat baik ini, saya menghimbau kepada seluruh umat Islam khususnya pejabat-pejabat negara, aparatur sipil negara, BUMN, dan seluruh Kepala Daerah di seluruh tanah air untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas. Sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional transparan," kata Jokowi, dalam sambutannya di Istana Negara, Selasa 28 Maret 2023.

Presiden Jokowi memberikan sambutan saat penyerahan zakat kepada Baznas

Photo :
  • ANTARA/Indra Arief
Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Jokowi juga berpesan agar dana zakat yang dihimpun oleh Baznas, dapat disalurkan dengan tepat sasaran. Sehingga diharapkan dari dana zakat yang dikumpulkan oleh Baznas dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya pesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memberikan keberkahan kepada kita semuanya," kata Jokowi

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Kepala Negara mengingatkan bahwa membayar zakat adalah kewajiban semua umat Islam. Zakat juga menurutnya disalurkan sebagai bentuk rasa syukur setiap manusia atas nikmat rezeki yang telah didapat.

"Berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur, rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan kepada Allah dalam kehidupan kita, dengan berbagi rezeki dan berbagi kebahagiaan, menafkahkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

Ilustrasi kemiskinan.

Photo :
  • U-Report

Jokowi juga menambahkan, saat ini Pemerintah terus berupaya mengurangi angka kemiskinan. Menurutnya, melalui zakat ini dapat membantu Pemerintah untuk mengurangi kemiskinan yang ada di Indonesia khususnya kemiskinan ekstrem.

"Pemerintah terus berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk mengurangi angka kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem. Ikhtiar itu membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak termasuk melalui penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah oleh badan ambil zakat nasional atau Baznas," ujarnya

Dalam proses pembayaran zakat ini, Jokowi dibantu oleh Robot Zakat Baznas. Selain Jokowi, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan sejumlah Memteri juga turut menyalurkan zakatnya di Istana Negara pada hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya