Soal Israel Ikut Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Campur Adukan Olahraga dengan Politik

Presiden Jokowi sampaikan kata pengantar di Rapat Kabinet Paripurna
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini Indonesia masih berupaya untuk tetap memperjuangkan agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, yang rencananya akan digelar pada bulan Mei 2023 mendatang.

Marah Iran Serang Israel, Uni Eropa Akan Jatuhi Sanksi Baru

Ia mengatakan bahwa keikutsertaan Timnas Israel di piala dunia U20 tidak berpengaruh hal apapun dalam dunia olahraga. Tetapi, kata Jokowi, Indonesia tetap harus menaati adanya peraturan dari FIFA.

"Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan urusan politik," kata Jokowi di Sekertariat Presiden disiarkan di akun Youtube pada Selasa 28 Maret 2023.

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Ia juga menjelaskan bahwa keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20 tidak ada pengaruh apapun untuk Indonesia yang masih konsisten mendukung Palestina.

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

"Saya menjamin keikutsertaannya Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Jokowi.

"Pertama, ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution. Negara Israel dan negara Palestina merdeka," imbuhnya.

Kemudian, Jokowi juga menjelaskan bahwa konflik antara Israel dan Palestina itupun turut dibicarakan pada setiap forum-forum internasional.

"Ini sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral dan forum multilateral maupun forum internasional lainnya," kata dia.

Saat ini, sejumlah pihak Indonesia pun masih terus berjuang agar Timnas Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya