Profil Irjen Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya yang Baru Diangkat Jadi Kabaharkam Polri

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Irjen Fadil Imran baru-baru ini diangkat menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Dia adalah salah satu perwira tinggi Polri yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Rotasi ini tertuang dalam surat telegram Nomor:ST/713/III/KEP./2023.

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Dalam surat telegram rotasi dan mutasi jabatan tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran diangkat sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang sudah memasuki masa pensiun. Surat telegram itu juga ditandatangani oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono. Nah, berikut profil selengkapnya. 

Profil Fadil Imran

Pesan Idul Fitri Kapolri: Dalam Perbedaan Tercipta Indahnya Toleransi

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan AKP Salim

Photo :
  • Polda Metro Jaya

Nama Fadil Imran tentu sudah tidak asing lagi di jajaran Polri dan masyarakat Jakarta. Sepanjang kariernya, lulusan Akpol 1991 itu pernah beberapa kali mengemban tugas di Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Pria kelahiran Ujung Pandang 14 Agustus 1968 itu berpengalaman di bidang reserse

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran

Selain itu, dia juga adalah putra daerah Sulawesi Selatan yang berdarah campuran Bontonompo, Gowa, dan Takalar. Ia adalah keturunan dari Raja Gowa ke-9 Kerajaan Gowa, Daeng Matanre Karaeng Manguntungi Tumapa’risi/ Kallonna. 

Perjalanan Karier Fadil Imran

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sepak terjangnya di Polri memang tampak berjalan mulus hingga menduduki sejumlah jabatan strategis. Di Polda Metro Jaya, dia pernah menduduki jabatan sebagai Kapolres Jakarta Barat (2003), Kasat III Dit Reskrimum Polda Metro Jaya (2007), Kapolres KP3 Tanjung Priok (2008), Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya (2009) dan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2016).

Sedangkan di Bareskrim Polri, pria yang kini berusia 52 tahun itu sempat mengemban beberapa jabatan seperti Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri (2011), Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2015), Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2016), dan Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2017).

Fadil juga sempat menjadi Kapolda Jawa Timur menurut Surat Telegram Nomor ST/1378/KEP./V/2020 tertanggal 1 Mei 2020. Saat itu, dia menggantikan Irjen Pol Luki Hernawan dan masih banyak jabatan lainnya yang sempat diemban oleh Irjen Fadil Imran. 

Berpengalaman di Bidang Reserse

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Sejumlah kasus besar pernah diselesaikan oleh Irjen Fadil Imran. Sebut saja kasus mutilasi yang dilakukan oleh Ryan Jombang di Jawa Timur pada 2008 dan kasus mutilasi anak di bawah umur yang dilakukan Bekuni alias Babe di Jakarta Timur tahun 2010. Kemudian penangkapan Hercules & John Kei tahun 2013. 

Sedangkan ketika dirinya menduduki jabatan sebagai Wadirtipideksus Bareskrim Polri, Fadil Imran memperkarakan 325 orang tersangka dan 85 perusahaan untuk kasus kebakaran hutan seluas 7.264 hektare. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya