Kapolri Rotasi Irwasda Polda Metro Jaya hingga Kapolres Jakarta Timur

Kapolres Jakarta Timur Kombespol Budi Sartono
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tak hanya merotasi dua pimpinan Polda Metro Jaya tapi juga sejumlah kapolres di wilayah Polda Metro Jaya.

1 Juta Kendaraan Diprediksi Balik Jakarta, Polda Metro Siapkan Strategi Agar Tidak Macet

Berdasarkan surat telegram rahasia dengan nomor ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ada nama Komisaris Besar Polisi Budi Sartono yang merupakan Kapolres Metro Jakarta Timur dimutasi jadi Kapolres Kota Besar Bandung.

Dia menggantikan posisi Kombes Pol Aswin Sipayung yang menjadi penyidik tindak pidana utama TK II Bareskrim Polri. Lalu posisi Kapolres Metro Jaktim diisi Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata. Kemudian, Kombes Pol Dwi Gunawan dimutasi dari Irwasda Polda Metro Jaya jadi auditor kepolisian utama TK II Itwasum Polri.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Posisi yang ditinggalnya bakal diisi oleh Kombes Pol Nurkolis. Sebelumnya dia menjabat Irwasda Polda Jawa Barat. Dia akan digantikan Kombes Pol Kalingga Rendra Raharja. Selanjutnya ada Kombes Pol Hariono diangkat jadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Photo :
  • Istimewa.
Pesan Idul Fitri Kapolri: Dalam Perbedaan Tercipta Indahnya Toleransi

Posisi yang ditinggalkan, yakni Karolog Polda Metro Jaya disii oleh Kombes Pol Raden Firdaus Kurniawan. Dia sebelumnya menjabat Dirpolairud Polda Metro Jaya. Yang menggantikanya adalah Kombes Pol Joko Sadono.

Selanjutnya ada Ajun Komisaris Besar Polisi Rama Samtama Putra yang merupakan Wakapolres Metro Bekasi Kota diangkat jadi pemeriksa utama Divpropam Polri. Posisinya yang lama diisi AKBP Dhany Aryanda.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di lingkungan Polri. Salah satu yang dimutasi ialah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran.

Jabatan Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Pol Karyoto yang sebelumnya bertugas sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Keputusan mutasi itu tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mutasi terhadap Irjen Fadil dan Irjen Karyoto ini juga telah dibenarkan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Irjen Pol Karyoto, Pati Bareskrim Polri (Penugasan di KPK) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya," bunyi keterangan dalam surat mutasi seperti dikutip, Rabu, 29 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya