Kabareskrim Sebut Sebagian Senjata Api yang Ditemukan di Rumah Dito Mahendra Tak Berizin

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Nasional – Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengungkapkan, sebagian senjata api yang ditemukan di rumah pengusaha Dito Mahendra tak memiliki izin. 

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

Sedikitnya, sebanyak 15 senjata ditemukan di rumah Dito Mahendra saat digeledah oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin, 13 Maret 2023 lalu. Penggeledahan itu berkaitan dengan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

"Ada 15 (senjata) kalau enggak salah. Sebagian berizin dan sebagian lagi tidak," kata Agus kepada wartawan, Rabu, 29 Maret 2023.

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Agus tidak menjelaskan lebih jauh berapa total senjata yang memiliki izin dan tidak. Sebab, pihaknya masih mendalami asal muasal bagaimana senjata itu didapatkan Dito. "Nanti kita akan dalami, darimana senjatanya yang tidak berizin," ujar Agus. 

Rumah Dito Mahendra digeledah KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Periksa Dirut PT Taspen Nonaktif, KPK Bocorkan Statusnya Sudah Tersangka

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah rumah Dito Mahendra pada Senin, 13 Maret 2023. Dalam penggeledahan tersebut penyidik KPK menemukan 15 pucuk senjata api.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa benar penggeledahan di rumah Dito Mahendra berlangsung pada Senin, 13 Maret 2023, di kawasan Jalan Erlangga V Nomor 20 Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia juga menjelaskan saat penggeledahan berlangsung tim penyidik KPK mendapati 15 unit senjata api.

"Jadi mengkonfirmasi betul saat penggeledahan pada hari Senin lalu tanggal 13 Maret KPK melakukan kegiatan di tempat tinggal kediaman saksi Mahendra Dito yang berlokasi di Kebayoran Baru Jaksel," ujar Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 17 Maret 2023.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis," ujarnya menambahkan.

Kemudian, Ali mengatakan, dari belasan senjata api yang didapati tersebut terdapat 5 jenis merek glock dan ada delapan unit merupakan senjata laras panjang. "5 pistol berjenis glock satu pistol SNW satu pistol gimber micro serta 8 senjata api laras panjang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya