Irjen Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya, Firli Bahuri: Terima Kasih Kapolri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengucapkan selamat kepada Irjen Karyoto yang menduduki jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya. Selain itu Firli juga berterima kasih kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo yang sudah memberikan jabatan baru kepada Karyoto.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

"Selamat dan terima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan amanah kepada insan KPK yang bersumber dari Polri, Bapak Karyoto, atas promosi jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya," kata Firli dalam keterangannya, Rabu 29 Maret 2023.

Firli sangat mengapresiasi kinerja Karyoto yang telah tiga tahun menjabat sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK. Dia mengapresiasi promosi Irjen Karyoto yang dianggapnya sebagai bentuk pengembangan karier.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

"Pak Karyoto sudah 3 tahun bertugas di KPK sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi. Promosi ini selaras dengan semangat KPK untuk terus mendorong para insan Komisi meningkatkan kariernya dan memberikan bhakti karyanya bagi Indonesia. Termasuk kepada insan komisi yang bersumber dari instansi lainnya, agar mempunyai kesempatan kembali berkarier di instansi asalnya," ujar Firli.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di lingkungan Polri. Salah satu yang dimutasi ialah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. 

Jabatan Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Pol Karyoto yang sebelumnya bertugas sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Keputusan mutasi itu tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.\

Mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Karyoto menjabat Kapolda Metro Jaya

Photo :
  • KPK

Mutasi terhadap Irjen Fadil dan Irjen Karyoto ini juga telah dibenarkan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Irjen Pol Karyoto, Pati Bareskrim Polri (Penugasan di KPK) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya," bunyi keterangan dalam surat mutasi seperti dikutip, Rabu, 29 Maret 2023.

Irjen Karyoto ditunjuk sebagai Kapolda Metro Jaya, lantaran Irjen Fadil Imran naik jabatan sebagai Kabaharkam Polri. Irjen Fadil menggantikan posisi Komjen Pol Arief Sulistyanto yang memasuki masa pensiun.

Sebelum menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, Irjen Karyoto lebih dulu menduduki jabatan sebagai Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2019-2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya