Irjen Karyoto Dipromosi Jadi Kapolda Metro Jaya, Deputi Penindakan KPK Diisi Plt

Mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Karyoto menjabat Kapolda Metro Jaya
Sumber :
  • KPK

VIVA Nasional – Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Irjen Karyoto saat ini telah dipromosikan menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Fadil Imran. KPK pun menyebut bahwa Deputi Penindakan nanti bakal diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

KPK Laporkan Majelis Hakim Kasus Gazalba Saleh ke KY dan Bawas MA

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengatakan bahwa promosi jabatan baru Irjen Karyoto itu merupakan hal yang wajar. Pasalnya, dia sudah tiga tahun menjabat Deputi Penindakan.

"Memang sepertinya sudah waktunya. Kan beliau sudah hampir tiga tahun menjabat Deputi Penindakan," ujar Nawawi kepada wartawan pada Rabu 29 Maret 2023.

KPK Sebut Eks Sestama Basarnas Pakai Uang Korupsi Rp 2,5 Miliar Buat Beli Ikan Hias

Karyoto sendiri dilantik menjadi Deputi Penindakan KPK sejak April 2022. Perwira tinggi polisi itu pun telah memiliki andil dalam menuntaskan sejumlah kasus korupsi selama berada di lembaga antirasuah.

Maka dari itu, Nawawi mengatakan bahwa KPK akan segera menunjuk penggati Karyoto di Deputi Penindakan KPK. Menurutnya, pengganti Karryoto itu berasal dari internal KPK.

KPK Tahan Tiga Orang Tersangka Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Truk di Basarnas

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Penggantinya tentu kami masih harus menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) karena untuk pejabat yang definitif itu harus melalui seleksi terbuka terbatas," kata Nawawi.

"Selama ini penunjukan Plt dari internal aja," lanjutnya.

Kemudian, Nawawi memastikan bahwa promosi Karyoto menjadi Kapolda Metro Jaya tidak akan berpengaruh pada kasus yang masuh berjalan di KPK. Pasalnya, penanganan kasus di KPK tidak bergantung pada satu orang saja.

"Insyaallah nggak. Kan ada sistem kerja melalui POB (prosedur operasional baku) ataupun Probis (proses bisnis) yang ada yang tidak bergantung personal," beber dia.

Sebelumnya, Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Inspektur Jenderal Polisi Karyoto didapuk jadi Kapolda Metro Jaya. Irjen Karyoto  menggantikan posisi Irjen Pol Fadil Imran.

Karyoto merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Sebelum menjabat Deputi Penindakan KPK, Karyoto sempat duduki jabatan penting di tubuh Polri. 

Dia pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2014.

Lalu, Karyoto juga pernah bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) menduduki posisi Deputi Analisis Pemutus Jaringan Internasional BNN pada 2016. Kemudian, pada 2019, ia jadi Wakapolda Sulawesi Utara.

Pada 2020, Karyoto duduki posisi Wakapolda DIY sebelum akhirnya jadi Deputi Penindakan KPK. Beberapa kasus korupsi yang dia ungkap pun cukup buat geger publik. 

Salah satunya kasus korupsi izin ekspor benih lobster atau benur yang menjerat eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Kemudian, kasus korupsi bantuan sosial COVID-19 yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Selanjutnya, kasus korupsi mantan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. 

Pun, teranyar, kasus dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe. Dan, kasus dugaan korupsi pengadaan tanah PD Sarana Jaya di Munjul dan Pulogebang, Jakarta Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya