Kementerian Agama Akui Keteteran Pantau Travel Umrah di Tanah Air

Kantor Kementerian Agama
Kantor Kementerian Agama
Sumber :
  • antara

VIVA Nasional – Kementerian Agama mengaku kewalahan atau keteteran dalam mengawasi perusahaan jasa perjalanan (travel) umrah di Indonesia seiring euforia masyarakat dan mudahnya izin usaha.

"Memang euforia jemaah, ditambah lagi dengan gampangnya izin berusaha yang sudah makin longgar, menjadikan kami juga agak keteteran," kata Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Ibadah Haji Khusus Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Mujib Roni, kepada wartawan, Kamis, 30 Maret 2023.

Dia mengklaim jumlah jemaah umrah pada tahun 2022 hampir mencapai 1 juta orang. Lalu, pada Maret tahun 2023 tercatat lebih dari 400 ribu orang. Panjang atau lamanya antrean ibadah haji membuat umrah jadi pilihan tersendiri bagi masyarakat. Apalagi banyak promosi paket umrah dengan harga murah yang ditawarkan oleh travel.

Pembatas Kabah dihilangkan, jemaah umrah leluasa mencium hajar aswad

Pembatas Kabah dihilangkan, jemaah umrah leluasa mencium hajar aswad

Photo :
  • Reasahalharamain

Situasi itu, kata Mujib, menjadikan masyarakat tergiur umrah sekalian sebagai semacam kompensasi dari antrean panjang untuk beribadah haji.

Tak sedikit masyarakat mendaftar haji membatalkannya karena pengaruh penyedia jasa umrah ini. Untuk itu, Mujib mengimbau masyarakat lebih hati-hati lagi dalam memilih travel umrah. Sebab, ada berbagai macam modus yang dilakukan oleh oknum travel umrah itu.

Halaman Selanjutnya
img_title