Kasus Teddy Minahasa hingga Sambo Jadi Ujian Menguatkan Polri

Ilustrasi Polri.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Survei Indikator Politik Indonesia merilis beberapa temuan terbarunya. Salah satu temuan itu terkait public trust atau kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum seperti Polri yang mengalami peningkatan.

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Polri dinilai masih bisa lebih baik dan profesional di bawah pimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Pimpinan Pusat Ahlu Harakatissalaam Li Nahdlotil ‘Ummah (PP AHSANU), Rizqi Fathul Hakim, menyoroti peningkatan public trust terhadap Polri.

Bagi Rizqi, Listyo Sigit berhasil menempatkan institusi Polri sebagai institusi penegak hukum yang masih dipercaya. Dia menyinggung sejumlah kasus yang melibatkan oknum Polri termasuk beberapa perwira tinggi seperti eks Kapolda Sumatera Barat Teddy Minahasa hingga mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo jadi ujian yang menguatkan korps Bhayangkara

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

“Fenomena keterlibatan sejumlah oknum petinggi Polri (Pati) dalam kasus Teddy Minahasa alias ‘TM’ dan dalam drama panjang kasus  Ferdi Sambo alias ‘FS’ justru sebagai ujian yang menguatkan institusi Polri itu sendiri," kata Rizqi, dalam keterangannya, dikutip pada Kamis, 30 Maret 2023.

Ilustrasi Polisi saat Perayaan HUT Polri (foto/antara)

Photo :
  • vstory
Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Rizqi yakin Polri ke depan bisa jadi lebih baik dan profesional. Selain itu, ia berharap Polri juga lebih proporsional pasca terungkapnya kasus Teddy Minahasa dan Ferdy Sambo.

"Lebih proporsional pasca tertangkapnya TM dan FS bersama sejumlah oknum Polri yang terlibat. Tentu peristiwa ini akan terus kami ingat," tuturnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal Pimpinan PP AHSANU Imam Maksum Amrullah, menambahkan Polri di bawah Listyo Sigit tengah bekerja keras mengembalikan korps Bhayangkara. Ikhtiar Listyo Sigit dan jajarannya mesti diacungi jempol.

"Wajar bila Kerja keras Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta tim seluruh anggota Polri se tanah air diacungi jempol, karena Polri berhasil menjaga dan mengembalikan marwah korps Bhayangkara ke arah lebih baik," ujar Imam.

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia dilakukan dua kali pada Februari dan Maret 2023. Pada periode pertama, dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Survei memiliki toleransi kesalahan margin of error sekitar ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kedua, survei berlangsung pada 12-18 Maret 2023, melibatkan 800 responden. Sampel berasal dari hampir semua provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Di survei periode kedua memiliki toleransi kesalahan sekitar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan public trust atau kepercayaan publik terhadap Polri terus mengalami peningkatan. Bahkan, dari data survei Indikator, Polri melebihi partai politik dan DPR RI, yakni dari 66,5 persen pada temuan Desember 2022, menjadi 70,8 persen.

Dalam temuan survei Indikator menyebut penanganan Polri terhadap kasus investasi bodong, KSP Indosurya, termasuk penerapan tilang elektronik berhasil mendongkrak kepercayaan publik terhadap Polri.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya