Harapan Ganjar Pranowo pada Ramadhan 2023: Semua Orang Bisa Memberikan Amalan Terbaik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional  – Setiap umat Muslim memiliki pandangannya sendiri perihal bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.  Tak hanya memberikan keberkahan namun juga memberikan manfaat yang luar biasa dalam berbagai sisi.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Melaksanakan kewajiban puasa di bulan Ramadhan tidak hanya untuk menahan lapar dan haus saja, tapi di dalamnya terdapat makna dan nilai positif untuk menjalani kehidupan. Hal tersebut juga dirasakan salah satunya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo perihal kebaikan yang didapat selama bulan suci Ramadhan ini.

Baru-baru ini Ganjar Pranowo menyebutkan, jika puasa pada bulan Ramadhan menjadi sebuah proses pembelajaran antikorupsi terhadap diri masing-masing.  Banyak manfaat yang didapat dengan seseorang berpuasa. Menurutnya, berpuasa bisa melatih seseorang untuk sabar, jujur, dan berintegritas.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Puasa itu tidak ada tandanya, semua melakukan dengan kesadaran penuh. Padahal kita minum dan makan tidak dilihat oleh siapapun bisa, tapi kenapa orang tidak mau melakukan itu, karena ada sebuah keyakinan dari diri kita dan Allah," kata Ganjar usai mengikuti salat Isya dan tarawih keliling di Gedung DPRD Jawa Tengah, pada Rabu 29 Maret 2023, dikutip VIVA.co.id dari salah satu sumber.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Menurut Gubernur Jawa Tengah tersebut, banyak hal yang dapat diambil dari seseorang yang berpuasa. Seperti salah satunya yaitu sebuah keyakinan. 

"Maka pesan yang bagus tadi, satu tetes air ketika kita berwudhu pun kita meludah berkali-kali agar satu tetes itu tidak masuk. Artinya, kejujuran dan integritas dijaga. Maka, seandainya diterapkan dalam konteks antikorupsi, yang bukan miliknya tidak akan diambil," katanya.

Selain memberikan banyak manfaat, Ganjar pun berharap dengan Ramadhan 2023 ini semua orang bisa memberikan amalan-amalan terbaiknya selama satu bulan penuh. Seperti salah satunya saling tolong menolong hingga membantu masyarakat yang tengah mengalami kesulitan.

Kata Ganjar, bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tapi sebagai umat Muslim di bulan ini kita juga berbagi kebaikan dengan sesama. Apalagi berbagi kebaikan kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Menurutnya, bulan suci Ramadhan ini sangat baik untuk dijadikan momentum untuk membantu sesama, seperti salah satunya anak-anak panti asuhan, berlomba-lomba dalam dalam melakukan kebaikan. "Kita melihat anak-anak kita yang butuh asuhan, maka banyak panti kemudian didirikan dan banyak di antara para pengurus, merelakan dirinya untuk membantu anak-anak," kata Ganjar melansir dari laman VIVA.Bandung pada Jumat, 31 Maret 2023.

Pesan positif serta harapan dari Ganjar Pranowo disampaikan saat tarawih keliling yang diselenggarakan oleh Badan Amalan Islam (BAI) Provinsi Jawa Tengah di Gedung DPRD Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya