Komjen Rycko Amelza Bakal Jabat Kepala BNPT

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Dr Rycko Amelza Dahniel
Sumber :
  • Polri

VIVA Nasional – Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel dipromosikan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Hal itu diungkapkan As Sdm Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo usai serah terima jabatan di Mabes Polri, Jumat, 31 Maret 2023.

Komjen Fadil Imran Sebut Polri Sudah Susun Rencana Pengamanan terkait Sengketa Pemilu 2024

Dedi menjelaskan, Presiden Joko Widodo akan melantik langsung Komjen Rycko sebagai Kepala BNPT

"Pak Rycko akan menjabat sebagai Kepala BNPT. Insya Allah akan dilantik Pak Presiden," ujar Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat, 31 Maret 2023.

Hampir 5 Ribu Aparat Gabungan Bakal Amankan Pengumuman Hasil Pemilu

Irjen Pol Dedi Prasetyo

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, Rycko tidak bicara banyak terkait dengan promosi jabatan itu. Ia hanya mengaku siap jika benar dilantik sebagai Kepala BNPT. "Bhayangkara Polri harus siap," ujar Rycko. 

Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, angkat bicara mengenai pengganti Boy Rafli Amar sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) pada tahun 2023 ini. 

Mahfud mengatakan, Presiden Jokowi telah mengantongi nama sosok yang akan menduduki posisi Kepala BNPT menggantikan Boy.

"Oh sudah ada namanya di saku Presiden," kata Mahfud MD kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Menko Polhukam Mahfud MD

Photo :
  • Antara

Namun mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh Jokowi sebagai Kepala BNPT menggantikan Boy Rafli Amar itu, Mahfud enggan mengungkapkannya. Dia meminta semua pihak untuk bersabar karena nanti sosok yang akan menjadi Kepala BNPT akan diumumkan pada saat akan dilantik.

Mengenai waktu pelantikan, Mahfud juga enggan mengungkapkannya. "Tunggu istana aja lah nanti," ujar Mahfud singkat.

Sebagaimana diketahui, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar genap berusia 58 tahun pada 25 Maret. Usia 58 tahun itu merupakan masa pensiun bagi anggota Polri. 

Irjen Boy Rafli Amar sendiri resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 6 Mei 2020. Boy dilantik menjadi Kepala BNPT untuk menggantikan pendahulunya, Komjen Suhardi Alius yang telah menjabat sejak Juli 2016.

Sepanjang kariernya, Boy sempat menduduki sejumlah posisi strategis di institusi kepolisian. Sebelum menjabat Kepala BNPT, Boy ditunjuk menjadi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Wakalemdiklat). Jabatan itu ia emban sejak Agustus 2018.

Tahun sebelumnya, tepatnya pada April 2017, Boy menjabat sebagai Kepala Polda Papua. Tak hanya Papua, jabatan kapolda juga pernah diemban Boy untuk wilayah Banten selama sekitar dua tahun yaitu pada Desember 2014-April 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya