Kapolri Kirim 3 Jenderal Tugas di DPR hingga BSSN

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk tiga perwira tinggi (Pati) Polri untuk bertugas di luar struktur Korps Bhayangkara. Tiga Pati yang dimaksud antara lain, Komjen Pol Nana Sudjana, Irjen Pol Suntana, Irjen Rudy Sufahriadi

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Komjen Nana akan ditugaskan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. 

"Nana Sudjana, Komjen Pol, beliau akan mendapatkan penugasan di Sekretaris Jendera di DPR RI," ujar Dedi kepada wartawan, Jumat, 31 Maret 2023.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Sementara untuk Irjen Rudy, Kapolri menunjuknya untuk bertugas sebagai Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional. Kemudian, Suntana akan bertugas di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

"Satu lagi ada pak Suntana, bapak Suntana akan mendapat penugasan di Badan Siber dan Sandi Negara," tuturnya. 

Seperti diketahui, Komjen Nana sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Kemudian, Irjen Rudy sebagai Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Suntana selaku Kapolda Jawa Barat.

Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana.

Photo :
  • VIVA/ Supriadi Maud.

Keputusan mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/713/III/KEP./2023. Surat dikeluarkan pada 27 Maret 2023 dan ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Dalam kesempatan ini, Kapolri juga resmi melantik tiga perwira tinggi (Pati) Polri dan melakukan Korps Raport atau menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi. 

Tiga Pati yang dimaksud ialah Irjen Pol Fadil Imran, Irjen Pol Wahyu Widada dan Komjen Pol Purwadi Ariyanto. 

Adapun Pati yang naik pangkat ialah Irjen Wahyu Widada yang diangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen). Sedangkan untuk kenaikan pangkat terhadap Irjen Fadil Imran menjadi Komjen masih diproses.

Dalam pelantikan ini, Komjen Wahyu resmi menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Kemudian, Komjen Purwadi Ariyanto dilantik sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Sedangkan Irjen Fadil Imran secara resmi dilantik sebagai Kapala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri. 

"Beberapa jabatan maupun Pati yang belum naik pangkat akan diproses," ujar As SDM Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat, 3 Maret 2023.

Selain melantik tiga Pati Polri, Kapolri juga turut melantik beberapa pejabat utama lainnya. Mereka di antaranya Irjen Pol Dedi Prasetyo menjadi Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri.

Dedi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri. Posisi Kadiv Humas Polri kemudian diisi oleh Brigjen Sandi Nugroho yang juga naik pangkat menjadi Irjen.

Terakhir, Brigjen Imam Widodo yang dilantik menjadi Wakil Komandan Korps Brimob (Wadankor Brimob) serta mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Irjen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya