MUI: Memakai Masker Saat Salat Hukumnya Makruh

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut salat ied pertama sejak pandemi di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh tidak menyarankan umat Muslim menggunakan masker saat melaksanakan salat dalam kondisi normal (tidak sedang sakit/dilanda wabah). Menurutnya, hal itu makruh.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

"Kecuali dia ada hajat syariyah, seperti sedang sakit atau khawatir tertular penyakit," ujar Niam dikutip dari laman resmi MUI, Jumat, 31 Maret 2023

Pakai masker tangkal COVID-19.

Photo :
  • vstory
Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Untuk diketahui, sebelumnya, MUI pernah mengeluarkan fatwa dalam Surat Keputusan (SK) tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H yang diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat MUI.

Dalam SK bernomor Kep-38/DP-MUI/III/2022 yang diterbitkan pada Rabu, 30 Maret 2022 lalu, menyebutkan bahwa menggunakan masker saat salat berjamaah untuk menjaga diri agar tidak tertular suatu penyakit, seperti COVID-19, hukumnya boleh dan tidak makruh.

Siap Ganti Judul, Leo Pictures Tegaskan Isi Film Kiblat Baik untuk Masyarakat: Ini Merupakan Syiar

Namun, menurut Niam, kini pemerintah sudah mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Artinya, kondisi Indonesia sudah kembali normal dan masyarakat dapat kembali melaksanakan aktivitas sebagaimana mestinya.

"Sekarang ini, pemerintah telah mencabut status PPKM, maka secara umum kondisi masyarakat sudah kembali normal. Dengan demikian, pelaksanaan ibadah, termasuk pelaksanaan salat juga kembali normal," dia.

Guru Besar Ilmu Fikih UIN Syarif Hidayatullah tersebut menjelaskan bahwa takmir masjid perlu memberikan kenyamanan kepada jamaah untuk melaksanakan ibadah dan syiar Ramadhan.

Ia juga mengingatkan jika ada beberapa masjid atau mushola yang masih menggulung karpet, maka perlu kembali menggelar karpet lagi. Selain itu, takmir masjid diimbau tidak lagi merenggangkan shaf.

"Demikian juga, kalau sedang salat, membuka masker, karena pemakaian masker saat sholat, dalam kondisi normal hukumnya makruh," kata dia menegaskan.

Warga Kampung Pekojan Semarang salat berjamaah.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya