Akhir Pekan, Sejumlah Wilayah RI Bakal Diguyur Hujan Hingga Angin Kencang

Cuaca mendung di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini di sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu ini, 1 April 2023.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Sabtu, terdapat potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari diprakirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Sementara itu, wilayah dengan potensi hujan disertai kilat, yakni Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Maluku.

Ilustrasi prakiraan cuaca

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jojon
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Sedangkan potensi angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Deputi Meteorologi, BMKG, Guswanto mengatakan, siklon tropis Herman yang terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah.

Selain itu, lanjut dia, siklon tropis itu juga memberikan dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang perairan Indonesia. "Diperkirakan siklon tropis Herman bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia," katanya.

Hujan di Jakarta 

Sementara itu, khusus wilayah Jabodetabek, BMKG memprakirakan hujan berpotensi terjadi di sebagian wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Sabtu. Beberapa di antaranya akan disertai petir.

Menurut laman resmi BMKG yang dipantau di Jakarta, Sabtu, untuk wilayah DKI Jakarta, hujan diprakirakan turun merata di semua wilayah pada pagi hari dengan intensitas ringan.

Selebihnya cuaca di ibu kota diprakirakan berawan dengan suhu rata-rata 24-29 derajat Celcius dan kelembapan 70-95 persen.

Di Bogor, hujan diprakirakan turun sepanjang hari, di mana pada siang hari, hujan akan disertai petir dengan suhu rata-rata 19-31 derajat Celcius dan kelembapan 65-95 persen.

Untuk Depok, hujan disertai petir diprakirakan turun pada siang hari dan berangsur ringan intensitasnya pada malam hari. Suhu di Depok ada di antara 21-32 derajat Celcius dengan kelembapan 65-95 persen.

Sementara itu di wilayah Bekasi akan terjadi hujan disertai petir pada siang hari, dan selebihnya berawan, dengan suhu rata-rata 21-32 derajat Celcius dan kelembapan 65-95 persen.

Di Tangerang, hujan ringan diprakirakan turun siang hari dan selebihnya cuaca berawan dengan suhu rata-rata 23-32 derajat Celcius dengan kelembapan 65-95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya