Mau Dapet Uang THR Jutaan Rupiah? Ikuti Video Competition Review Produk Lokal yang Kamu Punya

Ilustrasi UMKM.
Sumber :

VIVA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sedang marak di Indonesia. Hampir semua jenis UMKM ada, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, hingga property. Hal ini membuat para pembeli kebingungan karena banyaknya produk lokal yang dijual UMKM.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Bagaimanakah cara UMKM mempromosikan produk lokal agar lebih dikenal masyarakat luas dan tentunya laku terjual? Yuk simak artikel berikut.

1. Promo kepada orang terdekat
Bagi kamu yang baru memulai UMKM, mungkin kamu kebingungan bagaimana cara memasarkan produk lokal yang dijual. Salah satu cara yang sangat mudah adalah menjual produk lokal buatan kamu kepada kerabat terdekat seperti keluarga, tetangga, dan teman. Dengan cara seperti ini kerabat terdekat akan membantu mempromosikan dari mulut ke mulut. Mereka akan memperkenalkan kembali produk lokal yang sudah dibeli kepada rekan-rekan mereka. Hal ini bisa menambah konsumen atau jaringan untuk penjualan produk lokal UMKM kamu.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

2. Media Online
Akan lebih efektif jika mempromosikan produk lokal UMKM kamu di Media Online. Karena di Media Online sudah lengkap jenis apa yang diinginkan untuk mempromosikan produk lokal UMKM kamu.

3. Media sosial
Selain kerabat dekat dan Media Online, cara lain untuk mempromosikan produk lokal UMKM adalah dengan cara posting di media sosial. Sudah sangat banyak media sosial yang ada di Indonesia, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan Tiktok.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Media sosial memang tempat yang berpeluang besar membuat produk lokal UMKM kamu semakin dikenal masyarakat luas. Karena hampir semua pembeli mengetahui produk lokal UMKM dari media sosial, dan mereka tergiur untuk membeli produk lokal UMKM berdasarkan postingan di media sosial.

Bahkan di media sosial, bisa review produk lokal UMKM yang kamu jual. Sehingga pembeli bisa mengetahui dan menilai dari review tersebut sebelum membelinya.

Nah, begitu juga yang saat ini sedang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkolaborasi dengan Viva.co.id yaitu membuat social media activity, dengan mengadakan video competition dalam rangka mempromosikan produk lokal buatan Indonesia.

Mengangkat tema Local Pride Bangga Buatan Lokal, Kemenperin bermaksud untuk mengajak pengikut dan pembaca Viva.co.id untuk bangga dengan produk lokal buatan dalam negeri dan membuktikan bahwa produk lokal dalam negeri berkualitas dan menarik.

Adapun mekanisme dari video competition yang diselenggarakan Kemenperin dan Viva.co.id adalah sebagai berikut : 
• Review Produk Lokal yang kamu punya (fashion, food, alat rumah tangga, dll)
• Upload video ke reels instagram kamu dan tag 3 teman untuk ikutan
• Sertakan caption yang menarik
• Wajib follow akun Instagram @vivacoid dan @kemenperin_ri
• Gunakan hastag #banggabuatanlokal #vivalokalpride #vivaxkemenperin
• Pastikan akun kamu tidak di kunci
• Periode kuis berakhir pada 16 April 2023
• Pengumuman pemenang 18 April 2023
• Total hadiah 3 juta rupiah untuk 3 orang pemenang

Tunggu apa lagi, yuuukk ikutan video competition Local Pride Bangga Buatan Lokal persembahan Kemenperin dan Viva.co.id, hadiahnya bisa buat tambahan THR kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya