WFH Berdampak Positif untuk Kesehatan, Ini Alasannya

Ilustrasi Work From Home (WFH)
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA – Bekerja dari rumah atau populer dengan istilah Work From Home (WFH) mulai menjadi tren sejak Covid-19. Tren ini yang mulai diadopsi oleh berbagai perusahaan di dunia. 

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Selain dinilai lebih praktis dan fleksibel, budaya WFH ternyata juga memiliki dampak positif bagi kesehatan pekerja loh. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan bekerja WFH.

1. Work-Life Balance yang Lebih Baik
WFH pada umumnya memberikan jadwal yang fleksibel bagi pekerja. Dengan bekerja di rumah, mereka bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dengan aktivitas lainnya di rumah sehingga work-life balance dapat terpenuhi. Beberapa pekerjaan seperti mengantar anak sekolah, menyiapkan sarapan, hingga mengerjakan pekerjaan rumah lainnya tentunya akan lebih mudah diseimbangkan saat WFH. 

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

2. Tingkat Stres yang Lebih Rendah
Bekerja dari rumah juga disebut dapat mengurangi stres. Sebab saat WFH, pekerja tidak perlu khawatir dengan kondisi tempat kerja yang tak kondusif, rekan kerja yang mengganggu, hingga lelahnya perjalanan ke kantor. Pada umumnya, rata-rata pekerja menghabiskan waktu lebih dari 30 menit untuk berangkat dan pulang kerja. 

Beberapa dari mereka juga kerap terjebak kemacetan. Meski normal terjadi, kondisi ini dapat berdampak terhadap peningkatan tingkat stres. Selain itu, saat bekerja di rumah, pekerja juga bisa melakukan aktivitas positif lainnya seperti istirahat dengan cukup, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, berolahraga, atau makan sarapan yang sehat. Hal ini tentu bisa berdampak positif terhadap tingkat stres dan kesehatan mental.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

3. Menunjang Kesehatan Fisik
Selain mengurangi stres, WFH juga dapat meningkatkan kesehatan fisik. Pasalnya, saat bekerja di kantor, pekerja lebih sering menghabiskan waktu seharian duduk di meja kerja. Namun dengan WFH, mereka bisa melakukan kegiatan positif seperti berolahraga pagi sebelum kerja dan makan lebih sehat. Tak hanya itu, WFH juga membuat pekerja bisa tidur lebih cukup karena mereka tidak perlu merasakan tekanan karena bangun sebelum subuh untuk berangkat kerja karena jarak kantor yang jauh atau demi menghindari kemacetan.

4. Meningkatkan Mood & Produktivitas
Beberapa perusahaan mungkin khawatir sistem WFH dapat membuat mengurangi motivasi dan produktivitas pekerjanya. Padahal, WFH justru dapat meningkatkan keduanya. Dalam studinya, Profesor Nicholas Bloom di University of Stanford menemukan karyawan yang bekerja WFH menyelesaikan lebih banyak shift atau pekerjaan dengan baik setiap hari. Hal ini karena mereka tidak menghabiskan waktu untuk bersiap-siap, bepergian, atau pulang kantor.

Di samping itu, saat bekerja dari rumah, pekerja juga dapat lebih fokus pada apa yang perlu dilakukan tanpa terganggu rekan kerja atau lingkungan kantor yang tidak kondusif. Bahkan, WFH dapat meningkatkan mood pekerja karena mereka dapat bekerja sambil melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dengan bekerja dari rumah. Untuk menunjang produktivitas selama WFH, Anda dapat memanfaatkan internet cepat milik IndiHome. Dengan jaringan internet yang cepat dan stabil, semua pekerjaan kantor dapat menjadi selesai dengan cepat. Koordinasi dengan rekan kerja pun akan lebih mudah tanpa hambatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya