Gempa M 6,4, Walkot Padang Sidempuan: Gak Ada Kerusakan dan Listrik Tidak Padam

Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 6,4 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB.
Sumber :
  • BMKG.

VIVA Nasional - Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB. Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution mengatakan tak ada laporan kerusakan bangunan rumah warga dampak dari gempa tersebut.

Sespri Iriana Tiru Cara Blusukan Jokowi, Kunjungi Rumah Warga Miskin di Bogor

"Nggak ada laporan kerusakan, komunikasi nggak ada yang terputus. Listrik tidak ada yang padam," kata Irsan kepada wartawan, Senin malam, 3 April 2023.

Irsan menceritakan, guncangan gempa tadi sangat terasa. Menurut dia, banyak warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, masyarakat tetap tenang menghadapi gempa tersebut.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

"Warga tenang semua, tadi memang sempat keluar rumah, itu aja sih. (Guncangan gempa) tapi memang terasa lah kuat," kata Irsan.

Petugas BPBD menunjukkan titik gempa. (foto ilustrasi).

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Irsan mengimbau masyarakat tetap waspada dan tetap mengikuti arahan serta informasi berkelanjutan dari Pemko Padangsidempuan. Termasuk BPBD Padang Sidempuan sudah turun di lapangan untuk melakukan pemantauan.

"Tim BPBD kita sudah di lapangan semua. Kita punya posko di semua Kecamatan, sudah himbau kepada masyarakat, untuk waspada mana tahu ada gempa susulan. Kita himbau agar tidak panik dan tetap tenang masyarakat dan ini semua tenang, tidak masalah," ujar Irsan.

Berdasarkan dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan. Dimana, gempa magnitudo 6,4, 3 April 2023, 21:59:43 WIB. Lokasi gempa :0.86 Lintang Utara, 98.73 Bujur Timur atau 82 kilometer barat daya Padang Sidempuan. Kedalaman gempa tercatat 102 km.

Gempa ini, juga dirasakan di Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Tengah. Selain itu, provinsi lain juga turut merasakan guncangan gempa seperti Kota Padang, Sumatera Barat hingga Banda Aceh, Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya