Guncangan Gempa Klungkung Bali Terasa hingga Lombok Dipicu Lempeng Indo-Australia

Pantauan dari layar lokasi gempa bumi (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA Nasional - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,6 mengguncang Klungkung, Bali pada Selasa dini hari tadi. Guncangan gempa terasa hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat.

KPU Prediksi Jumlah Calon Kepala Daerah dari Perseorangan Menurun

Gempa Klungkung dilaporkan berlokasi pada 8,87 lintang selatan dan 115,68 bujur timur. Gempa dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia pada zona intraslab.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia pada zona intraslab,"  kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septhiadi, Selasa, 4 April 2023.

Korban Bom Bali 2002: Bali Aman untuk Penyelenggaraan Event-Event Besar

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Strategi Irjen Sandi dan Anak Buah Sukseskan World Water Forum di Bali

Berdasarkan laporan masyarakat  guncangan dirasakan di wilayah NTB seperti Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Mataram. Lalu, dari Bali terasa Karangasem, Kuta, Denpasar III MMI atau seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Masyarakat diminta waspada dan bisa memastikan kondisi bangunan. Jika melihat bangunan retak atau rusak agar segera dihindari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya