Suasana Duka Menyelimuti Proses Pemakaman Pratu Hamdan di Sumbawa

Proses upacara pemakaman Pratu Hamdan di Sumbawa
Sumber :
  • irwan (Sumbawa-NTB)

VIVA Nasional – Jenazah Pratu Hamdan tiba di Dusun Krida, Desa Jamu, Kecamatan Lunyuk, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), sekitar pukul 16.30 Wita, Rabu (5/04).

Aktris Teater Joo Sun Oak Meninggal Dunia, Mati Otak hingga Pilih Donorkan Organ Tubuh

Setelah dibawa menggunakan jalur darat dari Bandara internasional. Jenazah langsung disalatkan dan kemudian dimakamkan dengan upacara militer. 

Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Czi Alid Setiawan, melalui Pasi Pers, Kapten Abidin, pemakaman berakhir sekitar pukul 17.58 Wita di pemakaman desa setempat. 

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Keluarga Pratu Hamdan di Sumbawa

Photo :
  • irwan (Sumbawa-NTB)

"Untuk selanjutnya keluarga menggelar doa keagamaan atau tahlilan. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan santunan kepada keluarga ahmarhum," katanya. 

Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia

Dikatakan, sekitar 100 personel dari Kodim 1607 dan Kompi B yang ikut dalam upacara pemakaman. Dalam upacara persemayaman di rumah duka yang jadi Irup atau Insepktur Upacara adalah Danbrig 13/ 1 Kostrad.

"Sedangkan pada upacara pemakaman dipimpin Irdif 1 Kostrad," katanya.  

Seperti diberitakan Pratu Hamdan, personel TNI gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pos Yal, Nduga, Papua Pegunungan Senin (3/4) lalu. 

Almarhum Pratu Hamdan merupakan anggota TNI kelahiran Dusun Krida, Desa Jamu, Kecamatan Lunyuk, NRP  31190222530198, Jabatan Tabakpan-1/Pok-1/Ru-2/II/C Satuan Yonif R 321/GT 13/1 Kostrad.

Pratu Hamdan adalah anggota yang bertugas di operasi Papua. Ia berasal dari Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna Adalah Batalyon infanteri yang berkualifikasi Raider dan berada di bawah kendali komando Brigade Infanteri 13/Galuh, Divisi Infanteri 1/Kostrad. Markas Komando berada di Jalan Kyai Haji Abdul Halim, Majalengka, Jawa Barat.

Menurut Rahma, Ibu dari almarhum Hamdan, tidak ada firasat apa apa sebelum pihak keluarga mendapat kabar almarhum meninggal dunia

"Tidak ada firasat apa-apa, tapi malam harinyanya sekira pukul 12.00 wita sempat nelpon ke saudaranya di sini menanyakan kabar keluarga," kenang Rahma. (Irwan/tvOne/Sumbawa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya