Heboh Puluhan Dus KIP Berceceran di Lapak Barang Rongsok di Lebak Banten, Dijual Rp 800 Ribu

Presiden yang juga calon petahana, Joko Widodo, menunjukkan Kartu Indonesia Pintar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA Nasional – Heboh Kartu Indoensia Pintar (KIP) program Presiden Jokowi ditemukan di lapak barang rongsok. Total sekitar ada 35 kardus dengan berat mencapai 400 kilogram.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Lapak barang bekas itu yang berlokasi di Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten itu. Udin selaku pemilik, membelinya sekitar akhir Maret 2023 seharga Rp 2 ribu per kilogram dengan total pembelian Rp 800 ribu.

Kartu Indonesia Pintar itu sebagian sudah diambil Polres Lebak dan bank yang menyalurkan program beasiswa Presiden Jokowi ke siswa sekolah, untuk dilakukan penyelidikan.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

"Kita selidiki dulu ya. Tadi ada map, saya belum baca tulisannya apa, kita pelajari dulu," kata Kasat Reskrim Polres Lebak Iptu Andi Kurniady, di Labak, Banten, Jumat, 7 April 2023.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Selain pemilik lapak rongsok, sejumlah pihak juga akan dimintai keterangan oleh kepolisian, termasuk pihak bank yang menyalurkan, untuk mengungkap mengapa KIP itu bisa berada di tukang rongsok. Karena jika tidak digunakan, seharusnya dimusnahkan.

"Kita periksa pihak terkait, baik dinas, atau pihak yang mengeluarkan kartu dan pihak bank," terangnya.

Sekarung Kartu Indonesia Pintar Ditemukan di Penatu Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Berdasarkan keterangan sementara yang diperoleh polisi, Udin selaku pemilik lapak barang bekas didatangi orang tak dikenal pada malam hari menggunakan mobil pick up. 

Berdasarkan tumpukan kardus tersebut, Udin melihat penuh dengan kertas dan sepakat membelinya. Beberapa hari kemudian dia terkaget karena isinya KIP. Karena bingung, temuan KIP itu kemudian dilaporkan ke polisi yang kala itu sedang melintas.

"Pengepul didatangi orang yang mau timbang segala macam, ya sudah pengepul ambil," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya