Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Cepogo Jelang Lebaran, Jokowi: Turun Semua

Presiden Jokowi Saat Kunjungi Pasar Cepogo, Boyolali
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pasar tradisional Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah pada hari Senin 10 April 2023. Kedatangan Jokowi ke pasar Cepogo itu bertujuan untuk mengecek kondisi harga bahan pangan dan juga ketersediaan pasokan bahan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H.

Aksi Pro-Palestina di AS, Joe Biden: Tidak Boleh Ada Anti-Yahudi

"Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga dengan Pak Gubernur Jawa Tengah, ngecek kondisi harga-harga menjelang, medekati lebaran seperti apa," kata Jokowi, dalam keterangan persnya usai meninjau pasar Cepogo.

Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Dari hasil pemantauan yang dilakukan, Jokowi mengatakan bahwa di pasar Cepogo harga sejumlah bahan pangan mengalami penurunan. Dia mencontohkan harga Cabai yang saat ini berada di harga Rp20 ribu, padahal biasanya harga Cabai sempat melonjak di angka Rp80 ribu sampai dengan Rp90 ribu per kilo nya.

"Ternyata yang di sini yang kita lihat, turun semuanya. Cabe, 20 ribu cabe rawit yang sebelumnya Rp80 sampai Rp90 (ribu), di sini Rp20 ribu. Telor Rp25 ribu, yang sebelumnya di atas Rp30 ribu, kemudian bawang putih Rp24-25 ribu. Kemudian daging ayam tadi 32 ribu, Turun semua " kata Jokowi

Harga Emas Hari Ini 8 Mei 2024: Produk Antam Merosot, Global Bervariasi

Kepala Negara mengungkapkan sejumlah alasan mengapa harga bahan pangan di pasar Cepogo bisa turun. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah ketersediaan pasokan yang mencukupi sehingga harga dapat turun.

"Ya tadi sudah disampaikan, pasokannya banyak, pasokan banyak artinya harga pasti turun. Karena tadi harga turun ya artinya pasokannya banyak," kata Jokowi

Presiden Jokowi bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan blusukan ke pasar

Photo :
  • Dok. Istimewa

Jokowi mengatakan, hari raya Idul Fitri saat ini kurang dari dua minggu lagi. Dia optimis kondisi harga pangan di pasa Cepogo inu dapat terkendali sampai hari raya idul fitri nanti tiba.

"Ini kan tinggal 2 minggu, saya kira insya Allah turun terus, beras juga turun dikit, naik turun," ujar Jokowi

Dalam kunjungannya ke Pasar Cepogo kali ini, Presiden didampingi oleh sejulah pejabat lainnya seperti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya