Penyerangan Kantor Polisi di Makassar Diduga Dilakukan Oknum TNI

Sejumlah kendaraan polisi di Makassar diduga dirusak oknum TNI
Sumber :
  • Dok.polisi/viva/Supriadi Maud

VIVA Nasional – Kasus penyerangan terhadap dua kantor polisi dan pos lantas serta musala di kota Makassar, Sulawesi Selatan kini dalam pengusutan polisi. Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel melakukan penyelidikan dengan  koordinasi aparat TNI.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Komang Suartana menuturkan, koordinasi kepada TNI dilakukan lantaran adanya isu beredar jika penyerangan tersebut dilakukan oleh oknum anggota TNI.

"Iya masih dalam penyelidikan. Karena  koordinasikan dulu terkait isu oknum TNI di balik penyerangan itu. Koordinasi tetap dilakukan dengan Kodam," ungkap Komang saat dimintai konfirmasi, Jumat 14 April 2023.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Komang Suartana

Photo :
  • Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Komang pun mengimbau agar jajaran kepolisian untuk tetap tenang dan fokus dalam bekerja untuk pelayanan masyarakat. Apalagi, menurut dia, saat ini masih dalam suasana bulan Ramadan yang seharusnya lebih ditingkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

"Jadi terlepas kasus ini. Pihak kepolisian mengimbau anggota untuk tetap bekerja dengan baik, jangan terprovokasi dengan informasi yang beredar. Intinya tetap bekerja, berikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi ini bulan puasa, bulan yang semuanya harus berasa nyaman di dalam pelaksanaan bulan puasa," terangnya.

Sementara itu, Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwontoro yang dikonfirmasi terpisah terkait isu oknum TNI di balik penyerangan dua kantor polisi di Makassar sampai saat ini belum memberikan jawaban.

Sejumlah kerusakan fasilitas polisi di Makassar yang dirusak OTK

Photo :
  • Dok.polisi/viva/Supriadi Maud

Sebelumnya diberitakan, sebanyak dua kantor polisi, dua pos lalu lintas dan satu Musala di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) diserang oleh sejumlah orang tidak kenal (OTK). Penyerangan terhadap dua markas polisi dan satu pos lalu lintas itu dilakukan menjelang waktu sahur pada Jumat 14 April 2023 dinihari.

Aksi penyerangan itu terekam kamera dan video amatirnya beredar begitu cepat hingga membuat peringatan tidak melintas di titik-titik penyerangan.

Dari pantauan di lokasi, kedua markas polisi yang diserang yakni Mapolres Pelabuhan Makassar di Jalan Ujung Pandang Nomor 12, Kecamatan Ujung Pandang dan Mapolsek Pelabuhan Soekarno-Hatta di Jalan Nusantara Baru 1, Kecamatan Ujung Tanah.

Selain itu, sejumlah pos polisi lalu lintas pun tidak luput dari penyerangan seperti yang terletak di Pos Polantas Fly Over dan Pos Polantas di Jalan Sultan Alauddin Makassar.

Dari video yang beredar, tampak polisi melepaskan sejumlah tembakan peringatan. Polisi juga sempat berusaha mengejar pelaku.

Menurut informasi, kerusakan yang terjadi akibat penyerangan itu seperti di Mapolres Pelabuhan Makassar membuat sejumlah kendaraan, termasuk mobil tahanan rusak setelah penyerangan OTK. Sementara di Mapolsek Pelabuhan Soetta, satu unit mobil dinas polisi rusak akibat dilempar batu OTK. Kemudian dua kendaraan dinas polisi dibakar oleh kelompok penyerangan itu.

Sejumlah fasilitas polisi di Makassar dirusak OTK

Photo :
  • Dok.polisi/viva/Supriadi Maud

Sementara di kedua pos lalu lintas terlihat sejumlah batu dan pecahan kaca berserakan di depan Musala Pos Lantas Pettarani kemudian satu pos lantas lainnya dibakar oleh mereka. Belum diketahui siapa dan motif penyerangan sejumlah titik di Kota Makassar.

Penyerangan ini dilakukan dengan cara melempari kantor polisi dan polantas dengan batu dan benda keras lainnya. Hingga kini belum diketahui pasti motif penyerangan OTK ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya