Chat dengan Plh Dirjen Minerba Viral, Johanis Tanak: Saya Berani Bersumpah

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak
Sumber :
  • Youtube PN Selatan

VIVA Nasional – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak mengklarifikasi kabar yang viral mengenai percakapannya dengan pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM, M Idris Froyoto Sihite. 

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

"Terus terang, saya berani bersumpah. Saya tidak tahu kalau beliau (M Idris) itu sudah jadi plh dirjen, yang saya tahu beliau itu Kepala Biro (Karo) Hukum ESDM," kata Johanis Tanak saat dikonfirmasi awak media, Jumat, 14 April 2023. 

Johanis lebih jauh menjelaskan, bahwa dirinya benar pernah berkomunikasi dengan Idris melalui pesan elektronik. Tetapi, dalih Johanis, komunikasi itu terjadi jauh sebelum ada surat perintah terkait penyelidikan dugaan korupsi pembayaran tunjangan kinerja pegawai di Kementerian ESDM.

Viral! Aksi Pencurian Pipa Besi Jembatan di Siang Bolong, Polisi Ringkus Pelaku

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak

Photo :
  • Youtube PN Selatan

"Sekiranya ada lidik (penyelidikan) terhadap beliau, mana mungkin sebodoh itu saya mau chat sama beliau. Seingat saya surat perintah lidik terhadap beliau itu tanggal 5 April 2023, begitu yang sesungguhnya," kata Johanis.

Sebelumnya, viral percakapan antara Johanis dengan M Idris yang terjadi Oktober 2022. Johanis saat itu belum bertugas sebagai wakil ketua KPK. 

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Meski begitu, percakapan antara Johanis dengan M Idris Sihite dikatakan terjadi lagi pada 24 Februari 2023. Percakapan yang diunggah akun twitter @dimdim0783 itu diduga terjadi ketika Johanis sudah menjadi pimpinan KPK. 

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak saat Jumpa pers terkait kasus suap di DPRD Jatim.

Photo :
  • Antara

Berikut percakapan Johanis dengan Idris Sihite yang diunggah akun twitter @dimdim0783 pada 13 April 2023;

Johanis Tanak: Malam Pak Karo, salam sehat. Kapan saya bisa jumpa. 

Idris Sihite: Kalau boleh tahu terkait apa ya pak?
Johanis Tanak: Saya mau diskusi soal IUP

Idris Sihite: Apa yang bisa diolah?

Johanis Tanak: Saya mau diskusi saja dulu dari aspek hukumnya. Setidak-tidaknya bapak termasuk ahlinya hukumnya, terkait dengan dua putusan peradilan yang sudah inkrah pak. Kita mau lanjut operasional

Idris Sihite: Ya besok kita bahas lah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya