Hadiri Hannover Messe 2023, Jokowi Terbang ke Jerman

Presiden Jokowi terbang ke Jerman.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana terbang menuju Hannover, Jerman, untuk membuka pameran teknologi industri dunia Hannover Messe 2023. Jokowi mengatakan, dalam Hannover Messe tahun ini, Indonesia merupakan negara ASEAN pertama yang menjadi mitra resmi atau partner countries.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

"Pagi hari ini Saya Ibu Negara, dan delegasi akan berangkat menuju Hannover di Jerman. Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe tahun 2023 dan tema yang diusung indonesia adalah Making Indonesia 4.0," kata Jokowi dalam keterangan pers, Sabtu, 15 April 2023.

Dia mengungkapkan, pada kegiatan ini dia akan secara resmi membuka Hannover Messe 2023 bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz. Presiden dalam kesempatan itu juga akan melakukan pertemuan bilateral.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

"Saya akan melakukan pertemuan bilateral dengan kanselir Jerman, serta bertemu dengan beberapa pengusaha besar dari Jerman," jelasnya.

Presiden Jokowi terbang ke Jerman.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Pertemuan bersama pengusaha itu lanjutnya, dilakukan sebab Jerman merupakan mitra dagang dan investasi penting di kawasan Eropa. Serta mitra dagang terbesar diantara negara-negara Eropa, dan investor terbesar keempat di kawasan Eropa.

"Dan saya akan tiba kembali di Jakarta Insya Allah tanggal 18 April," tutup Jokowi.

Presiden Joko Widodo dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat kepresidenan GIA-1 sekitar pukul 11.00 WIB.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jerman yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tampak melepas keberangkatan Presiden di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya