Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Guncang Kota Padangsidempuan

Gempa Bumi Magnitude 4,9 Guncang Kota Padangsidempuan.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra.

VIVA Nasional – Gempa bumi magnitudo 4,9 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Sabtu siang, 15 April 2023, sekitar pukul 11.39 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1.17 LU dan 99.41 BT.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Gempa bumi, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km Tenggara Padangsidempuan, Sumut pada kedalaman 5 km. Hal itu, disampaikan Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, dalam keterangan tertulis, Sabtu siang, 15 April 2023.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Padang Sidempuan III-IV MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," sebut Hendro.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Hendro mengungkapkan bahwa hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini, tidak berpotensi tsunami. "Kemudian, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock," tutur Hendro.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," sebut Hendro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya