Kena OTT KPK, Wali Kota Bandung Punya Harta Rp 8,5 Miliar

Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Sumber :
  • Adi Suparman (Bandung)

VIVA Nasional –  Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat malam, 14 April 2023. Yana ditangkap terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK dalam tangkap tangan tersebut juga berhasil mengamankan barang bukti uang dalam bentuk pecahan rupiah. "KPK juga mengamankan bukti uang. Uang dalam pecahan rupiah," kata Ali Fikri Sabtu, 15 April 2023.

Saksi Sebut SYL Palak Pejabat saat Kunjungan ke Brazil Hingga Amerika Serikat

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Pejabat Kementan Ungkap Pernah Buat Perjalanan Dinas Fiktif Atas Perintah SYL

Ali mengatakan, selain Yana terdapat delapan orang lainnya yang ditangkap oleh KPK. Mereka saat ini sudah dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, di Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan.
KPK Sebut OTT di Sidoarjo Tak Sempurna, Ada Pejabat yang Tak Berhasil Ditangkap


“Akan disampaikan perkembangannya segera,” jelasnya.

Adapun berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), yang dilaporkan pada 16 Januari 2023. Yana Mulyana tercatat memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 8.551.790.145 atau Rp 8,5 miliar. LHKPN juga mencatat, Yana tidak memiliki hutang.

Untuk data harta, Yana memiliki tanah dan bangunan seluas 396 meter persegi (m2)/250 m2 di Kabupaten/Kota Bandung dengan nilai Rp 5 miliar. Tanah dan bangunan itu tercatat milik pribadi.

Dia juga memiliki kendaraan berupa motor besar dan mobil. Dari data LHKPN Yana mempunyai satu unit motor Harley Davidson Fatboy tahun 2013 dengan nilai sebesar Rp 350 juta. Serta satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar tahun 2019 senilai Rp 490 juta.

Yana juga tercatat memiliki, harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 40 juta. Dan kas dan setara kas senilai Rp 2.671.790.145 atau Rp 2,6 miliar.
Ali Fikri KPK

Eks Anak Buah SYL Sebut BPK Minta Uang Rp12 Miliar untuk WTP, KPK Ultimatum Begini

KPK memberikan ultimatum atas keterangan seorang pejabat Kementerian Pertanian bahwa ada oknum di BPK meminta Rp 12 miliar agar bisa menerbitkan predikat WTP.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024