Tol Kalikangkung Semarang Mulai Ramai Oleh Pemudik, Petugas Siapkan Antisipasi Kepadatan

Kondisi gerbang tol Kalikangkung saat arus mudik
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Memasuki H-7 jelang hari raya Lebaran, arus kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang terpantau mulai ramai. Tercatat di posko mudik di GT Kalikangkung, kenaikan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 15 ribu pada Sabtu 15 April 2023. Angka ini meningkat sekitar 15 persen dibanding arus kendaraan pada hari biasa di luar masa mudik Lebaran.

Terpopuler: Pajero Sport Kotor Jadi Sorotan, Info Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar yang memantau di Posko Mudik GT Kalikangkung mengungkapkan, selama 3 hari sejak Kamis hingga Sabtu, angka arus kendaraan di GT ini terus meningkat.

"Jadi pada Kamis itu ada 13 ribu kendaraan dari arah Jakarta di GT Kalikangkung. Kemudian pada hari Jumat naik 14 ribu, dan pada Sabtu ini kembali meningkat jadi 15 ribu kendaraan. Kalau dihitung kenaikan mencapai 15 persen," jelas Irwan, Sabtu 15 April 2023.

Bakal Tutup Pabrik, Suzuki Jual 7 Model Ini di Thailand

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Meski meningkat, arus lalulintas di tol Kalikangkung masih terpantau ramai lancar. Tidak terjadi antrean panjang karena gerbang tapping dibuat lebih banyak ke arah timur atau ke arah Semarang.

Mobil Hybrid Diyakini Menggantikan Mesin Bensin

Kapolrestabes Semarang menyebutkan bahwa dari hasil analisis, diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran. Data tahun lalu, pada puncak arus mudik ada 60ribu kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung. Dengan perhitungan pemudik tahun ini meningkat, maka diperkirakan jumlah kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung juga akan melebihi 60ribu per hari pada puncak arus mudik tahun ini.

Pemberlakuan one way jalan tol Cikampek hingga GT Kalikangkung

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Di gerbang tol Kalikangkung ini terdapat beberapa posko mudik Lebaran, antara lain dari Polri, Kemenhub, Pengelola tol, serta dari Semarang. Petugas yang ditugaskan di posko-posko tersebut diharapkan bisa mengatasi jika terjadi kepadatan arus kendaraan pemudik pada masa Lebaran.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya