Dermaga Eksekutif Bakauheni Dipadati Kendaraan pada Malam Hari

Ratusan kendaraan roda empat memadati kantong parkir dermaga eksekutif pelabuhan Bakauheni.
Sumber :
  • ANTARA/Riadi Gunawan

VIVA Nasional – Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dipadati ratusan kendaraan roda empat pemudik Lebaran 1444 H/2023 yang hendak menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Berdasarkan pantauan pada Minggu malam, terdapat ratusan kendaraan roda empat memadati Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni. Ratusan pemudik kendaraan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.

Kendaraan pemudik tersebut didominasi dengan nomor polisi dengan kode Sumatra seperti BG, BM, BK, BE, namun terlihat juga plat daerah Jawa seperti B, A, F, T, dan D.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Tol Trans Sumatera.

Photo :
  • ANTARA/HO-Hutama Karya

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di kantong parkir dermaga eksekutif, antrean tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Rahmat (35), warga Medan, mengaku bersama keluarga memilih mudik lebih awal karena ingin menghindari kemacetan di jalan. "Ia mudik lebih awal menghindari kecamatan, biasanya kalau sudah mendekati lebaran macetnya parah," kata Rahmat.

Ia juga mengku mengantre di kantong parkir dermaga eksekutif untuk masuk ke dalam kapal sejak magrib. "Saya mau mudik ke Bandung, kami mengantre di kantong parkir ini sudah hampir dua jam lebih lah mas," katanya.

Salah seorang petugas keamanan pengatur laju kendaraan masuk kapal, Edi, mengatakan peningkatan jumlah pemudik mulai terlihat dari kemarin. Namun siang cukup senggang dari kendaraan roda empat, dan malam mulai ramai lagi.

Gerbang tol Bakauheni Selatan di Jalan Tol Trans Sumatera.

Photo :
  • HK

Sebelumnya General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya