Kenalkan Potensi Pertanian RI, Upland Project Kementan Gelar Pelatihan Media Sosial

Ilustrasi media sosial.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional – Upland Project Kementerian Pertanian sukses menyelenggarakan acara pelatihan publikasi media online dan media sosial. Pelatihan digelar untuk meningkatkan pemanfaatan media sosial dan media online dalam rangka memperkenalkan potensi pertanian di Indonesia.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Project Manager Upland Project, Farakka Sari, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan sebuah langkah dalam memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada peserta yang berasal dari kabupaten maupun dari Kementerian Pertanian di Jakarta.  

"Melalui pelatihan ini, kami berharap bapak ibu di daerah terutama dari kabupaten, direktorat dan humas dari perwakilan dinas mampu memaksimalkan pemberitaan dan promosi kegiatan" kata Farakka dalam keterangan tertulis, Senin 17 April 2023.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Ilustrasi karya inovasi pelajar untuk bidang pertanian

Photo :
  • ist

Para peserta mendapatkan pelatihan dan pengenalan dari para praktisi tentang penggunaan media sosial dan media online yang efektif dan efisien dalam mempublikasikan berita atau informasi mengenai pertanian. Para peserta juga diajak untuk melakukan praktik langsung dari materi yang diajarkan. 

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Beberapa materi yang diajarkan yakni pengenalan jurnalistik dan menulis cepat, menulis kreatif dan copy writing, dasar fotografi dan videografi, publikasi dan promosi konten di media sosial. Para peserta diminta menerapkan setiap materi dalam kehidupan nyata. 

"Para peserta diharapkan mampu memaksimalkan pemberitaan dan promosi kegiatan di masing-masing satua kerja. Ketika kembali melakukan rutinitas bekerja dapat mempublikasikan dan memasarkan setiap kegiatan," jelas Farakka. 

Farakka mengatakan bahwa pelatihan akan dilaksanakan lima sesi setiap dua bulan sekali dan akan terus ditingkatkan sehingga dapat diterapkan dalam pekerjaan. 

"Akan diupgrade dari setiap pelatihannya. Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat dan menjadi bekal untuk bapak atau ibu di daerah masing-masing," tegasnya. 

Ilustrasi sosial media.

Photo :
  • U-Report

Salah satu peserta perwakilan Dinas Pertanian Tasikmalaya, Asep Sanjaya mengatakan bahwa pelatihan tersebut dapat sangat tepat. Dia mengaku dengan dasar teori dan praktik yang dapat akan menjadi langkah awal bagi dirinya meningkatkan pemanfaatan media sosial dan media online sebagai sarana promosi dan edukasi mengenai pertanian di Indonesia.

“Banyak manfaat dan Ilmu-ilmu baru yang didapat oleh rekan-rekan dari pelatihan ini. Karena dirasa sangat bermanfaat bagi kami di daerah dalam mengoptimalkan media,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya