Mudik ke Brebes, Ban Mobil Sri Mulyani Bocor Kena Paku di Tol Cikampek

Ban bocor di jalan Tol
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter @drajatrp12

VIVA Nasional – Memasuki H-4 lebaran, kemacetan panjang sempat terjadi di ruas jalan tol Cikampek dari arah Jakarta menuju Cirebon, pada Selasa pagi, 18 April 2023. Ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga mengular berkilo-kilo meter.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kemacetan panjang di terjadi di ruas tol Cikampek, persisnya di Kilometer 72, di wilayah Purwakarta, Jawa Barat, pada Selasa pagi. Ribuan kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi mengular panjang dan lalu lintas padat merayap.

Kepadatan arus pada H-4 lebaran ini memang sengaja dimanfaatkan pemudik untuk mencegah puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 19-20 April 2023. Mereka cuti sehari lebih awal dari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah guna menghindari kemacetan.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Salah satunya Sri Mulyani, pemudik tujuan Brebes ini mengaku satu hari libur agar bisa mudik lebih awal. Sayangnya, pada Selasa pagi justru terjebak macet di Kilometer 72. Nahasnya lagi, salah satu ban mobilnya sebelah kiri bocor terkena paku di jalan tol Cikampek. 

Dokumen - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • ANTARA/Ali Khumaini
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Pantauan CCTV Jasa Marga siang ini, kepadatan arus lalu lintas di Kilometer 72 sudah terurai, dan situasi lalu lintas disana ramai lancar. 
 
Diperkirakan arus mudik di Tol Cikampek akan terus meningkat jelang masa cuti lebaran. Sementara pihak Kepolisian berencana melakukan rekayasa arus contraflow dan oneway dimulai siang ini, pukul 14.00 Wib.

Sebelumnya, ada tiga skema lalu lintas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri serta Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selama arus mudik lebaran 2023.

Skema lalu lintas yang dibuat oleh pemerintah pada mudik Lebaran 2023 ini tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun 2023/1444 Hijriah.

Pada hari ini, tepatnya pada Selasa 18 April 2023 pemerintah mulai menerapkan tiga skema lalu lintas mudik lebaran.

"Telah ditetapkan pemberlakuan sistem satu arah, sistem contra flow, dan sistem ganjil genap berlaku secara serentak pada arus mudik dan juga pada 2 periode arus balik,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno kepada wartawan.

Laporan: Agung Prasetio/tvOne Purwakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya