Dishub Sleman Lakukan Uji Kelayakan Bus Angkutan Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi mudik menggunakan bus
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA Nasional – Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan sistem jemput bola dalam melakukan "ramp check" atau uji kelayakan dari bus angkutan Lebaran 2023 yang akan berangkat dari Sleman.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

“Kami melakukan uji kelayakan armada bus secara jemput bola, yakni dengan mendatangi langsung di masing-masing garasi bus angkutan lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana di Sleman, dikutip dari ANTARA, Selasa, 18 Maret 2023.

Kata dia, dari pendataan sementara diperkirakan ada sekitar 22 persen pemudik yang diperkirakan akan menggunakan moda transportasi bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Ilustrasi arus mudik Lebaran.

Photo :
  • vstory

“Kami berupaya untuk memberikan layanan dengan memastikan armada bus angkutan lebaran dalam kondisi layak jalan, baik secara fisik maupun administrasi kendaraan,” ujarnya.

Kronologi Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Area Parkir Kapal

Lebih lanjut, pihaknya juga melayani permintaan uji kelayakan armada atau alat transportasi yang akan digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Sleman untuk melakukan perjalanan wisata.

“Bagi masyarakat atau instansi seperti sekolahan atau perkantoran yang hendak melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan bus, kami juga siap untuk melakukan uji kelayakan kendaraan yang digunakan,” tandasnya.

Arip mengatakan, bagi masyarakat yang menginginkan dilakukan uji kelayakan kendaraan angkutan wisata, maka bisa mengajukan permohonan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman.

“Nanti petugas kami akan datang melakukan uji kelayakan kendaraan wisata. Uji kendaraan wisata bisa dilakukan di titik kumpul rombongan sebelum keberangkatan atau di garasi bus yang digunakan,” bebernya.

Dirikan posko lebaran

Arus Mudik, Petugas Dishub Lakukan Pengecekan Kelayakan Bus

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Untuk pengamanan jalur mudik tahun ini, kata dia, pihaknya telah mendirikan sejumlah Posko Lebaran, yakni Posko induk di Dinas Perhubungan Sleman, Posko pemantauan dan monitoring lalu lintas wilayah Tempel (pintu masuk pemudik dari arah Magelang/Semarang).

Kemudian Posko pemantauan dan monitoring lalu lintas Prambanan (pintu masuk pemudik dari arah Solo, Jawa Tengah dan Jawa Timur), Posko pemantauan dan monitoring lalu lintas kawasan Ambarrukmo Plasa (Amplas).

“Selain itu juga Posko pemantauan dan monitoring lalu lintas di objek wisata Kaliurang (situasional), Posko Monitoring Penumpang di Terminal Tipe C yakni di Terminal Condong catur, Prambanan, Pakem dan Gamping,” jelasnya.

Sedangkan untuk jalur utama arus mudik maupun balik Lebaran di Sleman, untuk jalur utama terdiri dari ruas Yogyakarya-Sleman-Tempel, ruas Yogyakarta-Prambanan, ruas Yogyakarta-Wonosari ruas Yogyakarta-Wates.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya