Arus Mudik, Waspada Titik Rawan Kecelakaan di Ruas Tol antara Batang hingga Boyolali

Ruas tol Semarang-Batang di Kalikangkung Semarang pada H-4 Lebaran 2023.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Pemudik mesti ekstra waspada saat melintas di jalan tol yang ada di wilayah Jawa Tengah. Pasalnya ada sejumlah titik rawan kecelakaan, antara lain di ruas tol Semarang - Batang dan di ruas tol Semarang - Solo, terutama antara Batang - Weleri, serta di Boyolali.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi Agus Suryo Nugroho, di dua ruas jalan tol tersebut kerap terjadi kecelakaan lalu lintas yang memakan korban. Hal itu antara lain disebabkan dua ruas tol tersebut menjadi titik lelah bagi pengendara, baik dari arah barat maupun arah timur.

"Yang ruas Semarang - Solo itu konturnya naik turun, pada titik ini cukup rawan. Juga ruas Semarang - Batang, kalau pengendara dari arah Jakarta ini menjadi titik lelah," kata Agus saat mengecek Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Senin, 17 April 2023.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Ia meminta kepada para pengendara yang melintas di tol untuk mengatur jadwal istirahat, misal 2 jam sekali istirahat di rest area, setelah itu bisa berkendara lagi. 

Mobil melintasi Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Tapi khusus untuk masa arus mudik Lebaran, pengendara diimbau untuk tidak terlalu lama berada di rest area untuk menghindari antrean panjang kendaraan yang akan masuk ke rest area. Maksimal pengendara berada di rest area 30 menit saja.

"Kalau rest area penuh disarankan juga untuk tidak parkir di bahu jalan karena itu berbahaya. Di tol itu ada kamera pantau, ada pos pantau. Jika terjadi parkir di bahu jalan akan diminta untuk jalan," tegasnya.

Puncak arus mudik diperkirakan akan dimulai pada hari ini. Kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan one way nasional dan one way lokal. Yaitu membuka seluruh ruas jalan tol menjadi satu arah saja dari arah Jakarta ke arah Semarang saat arus mudik, dan dari Semarang ke arah Jakarta pada arus balik. One way tersebut akan dimulai hari ini Selasa, 18 April 2023.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya