Mendag Zulhas Bakal Pertemukan Pengusaha Arab Saudi dan RI Akhir Mei 2023

Mendag Zulhas berbincang akrab dengan pemilik Bank Al Bilad Syekh Ibrahim Subai
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengundang 15 pengusaha Arab Saudi ke Indonesia pada akhir Mei 2023 untuk bertemu para pengusaha Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan prioritas dari Zulhas yaitu segera berdiri Grosir, Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Demikian hal itu disampaikan Zulhas usai bertemu dengan pengusaha Arab Saudi yakni Syeikh Ibrahim Assubei, pemilik Bank Al Bilad, dan Fawaz Al Khokeer pengusaha dan Pemilik Mall Makkah dan Arabia Mall di Jeddah.

"Bagaimana segera dapat berdiri Grosir, Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah, " kata Mendag Zulhas, dalam keterangannya Selasa, 18 April 2023

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Mendag RI Zulkifli Hasan dijamu Bangsawan Arab Saudi Syekh Ibrahim Al-Subaie

Photo :
  • Dok. Istimewa

Sementara itu, Syeikh Ibrahim dan Fawaz menyatakan komitmennya untuk bisa mewujudkan salah satu program prioritas Mendag Zulkifli Hasan tersebut. Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini pada Selasa malam juga diundang untuk berbuka puasa dengan Mendag Arab Saudi, Abdul Majid di rumah pribadinya dalam agenda meningkatkan perdagangan antar kedua negara.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Dalam ibadah umrohnya,  Mendag Zulkifli Hasan juga memanjatkan doa dan menyampaikan, rasa syukurnya atas kondisi perekonomian di Indonesia, khususnya soal harga dan stok kebutuhan pokok yang terkendali tahun ini.

"Beribadah itu kuncinya hati damai. Hasilnya, nanti membawa ketenangan buat orang-orang di sekelilingnya,"  kata Zulhas

Pada tahun ini situasi di Masjidil Haram sangat berbeda dari biasanya. Sebab menurut imam sekaligus khatib Masjidil Haram, Syekh Abdurrahman bin Abdul Aziz bin Muhammad as-Sudais atau Syekh Sudais kondisi Masjidil Haram tahun ini sangat padat dengan jemaah yang menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan.  Sejak 1 Ramadan, masjid di Mekkah dan Madinah didatangi lebih dari 22 Juta orang dari seluruh penjuru dunia.

"Di mana pun, udara panas terik, tempat terbatas, berdesakan, kita merasakan nikmat Allah itu luar biasa. Karena setelah merasakan terik matahari, maka kita akan merasakan nikmatnya udara sejuk yang lebih lagi," ungkapnya.

Dalam ibadah umrah kali ini, Zulhas juga memanjatkan rasa syukur atas ketersediaan bahan pokok dan harganya terkendali.  Disebut bahwa harga bahan pokok secara nasional terpantau turun jelang Lebaran. 

Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya dibeberapa kesempatan, Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan khususnya dengan melihat struktur komoditas perdagangan kedua negara.

Produk-produk ekspor utama Indonesia untuk Arab Saudi yakni kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, ikan, produk kertas, arang kayu, dan plywood. Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Arab Saudi antara lain ethylene glycol, sulphur, polypropylene, polyethylene, dan besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya